Pengembangan bahan ajar menulis feature untuk mahasiswa paket jurnalistik / Degita Danur Suharsono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar menulis feature untuk mahasiswa paket jurnalistik / Degita Danur Suharsono

Suharsono, Degita Danur (2018) Pengembangan bahan ajar menulis feature untuk mahasiswa paket jurnalistik / Degita Danur Suharsono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iii ABSTRAK Suharsono Degita Danur. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Feature untuk Mahasiswa Paket Jurnalistik. Skripsi. Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Djoko Saryono M.Pd (II) Dr. Martutik M.Pd. Kata Kunci bahan ajar menulis feature Salah satu paket Matakuliah Keahlian Berkarya Pilihan di Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang adalah jurnalistik. Menulis Berita dan Feature adalah matakuliah yang terdapat dalam paket Jurnalistik. Pembelajaran menulis feature adalah salah satu kompetensi yang harus dicapai oleh mahasiswa paket jurnalistik Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh hasil studi pendahuluan yang menunjukkan bahwa 86% mahasiswa membutuhkan bahan ajar khusus untuk pembelajaran menulis feature. Selama ini dosen dan mahasiswa menggunakan bahan ajar yang membahas tentang feature secara umum. Belum adanya bahan ajar khusus menulis feature untuk mahasiswa paket jurnalistik membuat mahasiswa kesulitan dalam menulis feature hal tersebut dibuktikan dengan penyebaran angket prapengembangan yang menunjukan 62% mahasiswa merasa kesulitan dalam menulis feature. Beberapa hal tersebut menjadi pertimbangan peneliti bahwa bahan ajar menulis feature untuk mahasiswa paket jurnalistik perlu dikembangkan agar kompetensi pembelajaran menulis feature dapat dicapai. Penelitian ini menghasilkan produk berupa bahan ajar menulis feature untuk mahasiswa paket jurnalistik yang layak dan efektif dalam penggunaannya. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengembangkan deskripsi isi bahan ajar (2) mengembangkan sistematika penyajian bahan ajar (3) mengembangkan bahasa bahan ajar (4) mengembangkan tampilan bahan ajar dan (5) mengkaji efektivitas bahan ajar. Metode penelitian dan pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg dan Gall yang dimodifikasi oleh Sukmadinata. Prosedur penelitian ini menggunakan modifikasi model penelitian dan pengembangan Sukmadinata. Secara garis besar terdapat tiga tahap prosedur penelitian yaitu (1) studi pendahuluan (2) pengembangan dan (3) pengujian. Studi pendahuluan dalam penelitian ini meliputi (1) studi pustaka dan survei lapangan dan (2) penyusunan produk. Tahap pengembangan terdiri dari (1) uji coba produk dan (2) revisi produk. Tahap pengujian dalam penelitian ini adalah mengkaji efektivitas produk dengan menggunakan pretest dan posttest. Jenis data penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif berupa catatan wawancara komentar saran dan kritik yang diperoleh dari wawancara dosen pengampuh matakuliah dan ahli bahan ajar ahli materi dan praktisi. Data kuantitatif berupa skor yang diperoleh dari hasil penilaian ahli bahan ajar ahli materi praktisi dan tes. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini terdiri dari (1) pedoman wawancara (2) angket dan (3) tes. Pedoman wawancara dan angket prapengembangan digunakan sebagai instrumen pengumpulan data awal pada tahap studi pendahuluan. Angket pada tahap uji coba produk meliputi (1) angket uji ahli bahan ajar (2) angket uji ahli materi dan (3) angket uji praktisi ketiga angket tersebut digunakan sebagai instrumen pengumpulan data untuk penilaian produkiv yang dikembangkan. Tes digunakan untuk mengkaji efektivitas produk yang dikembangkan. Analisis data kualitatif pada penelitian ini antara lain (1) mengumpulkan data kualitatif yang diperoleh dari komentar saran atau kritik ahli bahan ajar ahli materi dan praktisi dan (2) menyeleksi dan mengklasifikasi berdasarkan kelompok uji. Analisis data kuanitatif antara lain (1) menghimpun data kuantitatif yang diperoleh dari penilaian ahli bahan ajar ahli materi praktisi dan tes dan (2) menganalisis data kuantitatf berdasarkan kelompok uji. Uji coba poduk melibatkan ahli bahan ajar memperoleh nilai rata-rata 96% yang tergolong sangat layak dan implementasi ahli materi memperoleh nilai rata-rata 94% yang tergolong sangat layak dan impelementasi praktisi memperoleh nilai rata-rata 69% yang tergolong cukup layak dan revisi. Saran dari ahli dan praktisi menjadi acuan revisi dan penyempurnaan produk. Uji keefektifan produk dilakukan pada subjek uji yaitu 10 mahasiswa paket Jurnalistik angkatan 2012. Hasil dari pretest diketahui nilai ratarata (mean) 69 3 dengan standar deviasi (SD) 5 915. Skor terendah sebesar 64 87 dan skor tertinggi sebesar 73 33. Hasil dari posttest diketahui nilai rata-rata (mean) dengan standar deviasi (SD) 5 638. Skor terendah sebesar 69 67 dan skor tertinggi sebesar 77 73. Berdasarkan uji-t yang telah dilakukan menunjukkan terdapat perbedaan sebesar 4 395. Nilai tersebut diperoleh dari selisih nilai t posttest sebesar 41 336 dan nilai t pada pretest sebesar 36 941. Simpulan penelitian pengembangan ini adalah bahan ajar menulis feature untuk mahasiswa paket jurnalistik yang dikembangkan menunjukkan bahwa produk tergolong layak dan efektif dalam penggunaannya. Sebagai langkah pemanfaatan produk dosen dan mahasiswa disarankan untuk menggunakan bahan ajar menulis feature untuk mahasiswa paket jurnalistik dalam Matakuliah Menulis Berita dan Feature khususnya pembelajaran menulis feature. Perguruan tinggi disarankan turut andil dalam pemanfaatan bahan ajar menulis feature untuk mahasiswa paket jurnalistik sebagai sarana peningkatan dan pengembangan paket Matakuliah Keahlian Berkarya Pilihan khususnya paket Jurnalistik. Bahan ajar dan prosedur penelitian dalam penelitian ini dapat digunakan pedoman bagi peneliti lain untuk pengembangan bahan ajar yang lainnya. Oleh karena itu agar penyebarluasan produk lebih efektif dan efisien maka peneliti berharap bahan ajar menulis feature untuk mahasiswa paket jurnalistik ini dapat dicetak oleh penerbit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9553

Actions (login required)

View Item View Item