Anggria, Amay Unggu (2017) Pengembangan instrumen asesmen menyusun dan menelaah-merevisi teks cerpen SMP / Amay Unggu Anggria. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Anggria Amay Unggu. 2015. Pengembangan Instrumen Asesmen Menyusun dan Menelaah-Merevisi Teks Cerpen SMP. Skripsi. Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Titik Harsiati M.Pd. (II) Prof. Dr. Dawud M.Pd. Kata Kunci instrumen asesmen menyusun menelaah dan merevisi teks cerpen Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh penilaian kemampuan menyusun dan menelaah-merevisi teks cerpen di SMP yang masih memiliki banyak kekurangan. Kekurangan tersebut terdiri dari empat hal yakni (1) instrumen asesmen kurang memiliki validitas yang baik (2) instrumen asesmen kurang reliabel sehingga keobjektifan guru dalam melakukan penilaian rendah (3) tugas kurang praktis sehingga kebanyakan peserta didik mengumpulkan tugas tidak tepat pada waktunya dan (4) kriteria penilaian kurang jelas. Kekurangan-kekurang yang terdapat di lapangan tersebut perlu segera dicarikan solusi membiarkan keadaan tersebut akan menghambat kegiatan evaluasi yang valid. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan seperangkat instrumen asesmen menyusun dan menelaah-merevisi teks cerpen SMP. Instrumen asesmen terdiri dari 3 produk yaitu instrumen asesmen menyusun teks cerpen instrumen asesmen menelaah dan merevisi teks cerpen serta instrumen asesmen menyusun dan menelaah-merevisi teks cerpen. Produk terdiri dari 2 buku yakni buku instrumen dan buku pedoman instrumen. Buku instrumen terdiri dari (1) tes 1 (2) tes 2 (3) rubrik pedoman observasi (4) rubrik pedoman penskoran tes 1 dan (5) rubrik pedoman peskoran tes 2. Buku pedoman instrumen terdiri atas karakteristik kisi-kisi dan petunjuk penggunaan. Penelitian ini dilakukan dengan jenis penelitian pengembangan. Model pengembangan yang dipakai adalah model Borg dan Gall yang diperkuat dengan prosedur penelitian pengembangan instrumen Djaali dan Mulyono. Terdapat empat tahapan dalam penelitian pengembangan ini yaitu tahap prapengembangan tahap pengembangan tahap uji coba dan tahap revisi. Tahap prapengembangan menghasilkan spesifikasi produk yang sangat penting untuk dasar pengembangan model. Tahap pengembangan dilakukan sesuai spesifikasi produk yang sudah dirumuskan dan melewati uji coba ahli. Tahap uji coba dilakukan untuk menjawab tujuan penelitian. Tahap revisi dilakukan sampai instrumen asesmen menyusun dan menelaah-merevisi teks cerpen mencapai tahap final. Produk yang dihasilkan dalam pengembangan ini berupa instrumen asesmen menyusun dan menelaah-merevisi teks cerpen SMP yang disertai dengan buku pedoman penggunaan. Instrumen asesmen yang dihasilkan meliputi instrumen asesmen menyusun teks cerpen SMP instrumen asesmen menelaah dan merevisi teks cerpen SMP serta instrumen asesmen menyusun dan menelaah-merevisi teks cerpen SMP. Pada instrumen asesmen menyusun teks cerpen SMP terdiri dari tes menyusun teks cerpen yang berorientasi pada ketepatan dan kelengkapan struktur teks. Padaii instrumen asesmen menelaah dan merevisi teks cerpen SMP terdiri dari tes menelaah dan merevisi teks cerpen dari segi penggambaran karakter tokoh latar cerita tahapan alur resolusi cerita dan diksi. Pada instrumen asesmen menyusun dan menelaah-merevisi teks cerpen SMP terdiri dari tes menyusun yang berorientasi pada ketepatan dan kelengkapan struktur serta kekreativitasan siswa dalam menyusun cerita pendek. Kemudian pada bagian tes menelaah dan merevisi teks cerpen siswa diarahkan untuk melakukan telaah dan revisi pada teks cerpen karya mereka sendiri. Perbedaan yang mendasari tiga produk tersebut adalah mengenai orientasi ketercapaian penilaiannya. Selain itu rangsang yang digunakan pada produk instrumen asesmen menyusun dan menelaah-merevisi teks cerpen SMP ini sangat bervariatif diantaranya adalah rangsang teks rangsang gambar dan rangsang video. Instrumen menyusun dan menelaah-merevisi teks cerpen SMP ini dibutuhkan guru dan peserta didik. Saran yang terkait untuk penelitian ini adalah (1) guru disarankan menggunakan instrumen untuk menilai keterampilan menyusun dan menelaah-merevisi teks cerpen dengan mengintegrasikan karakter (2) diseminasi produk ini disarankan melalui internet dan (3) hasil pengembangan dapat dipelajari dan diterapkan oleh guru sehingga akan diperoleh tanggapan yang dapat menjadi pertimbangan untuk penelitian selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Dec 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/9550 |
Actions (login required)
View Item |