Peningkatan kemampuan menulis cerpen melalui media buku harian (diary) pada siswa kelas VII D SMP Negeri 19 Malang tahun ajaran 2015/2016 / Dhita Pinatih - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menulis cerpen melalui media buku harian (diary) pada siswa kelas VII D SMP Negeri 19 Malang tahun ajaran 2015/2016 / Dhita Pinatih

Pinatih, Dhita (2017) Peningkatan kemampuan menulis cerpen melalui media buku harian (diary) pada siswa kelas VII D SMP Negeri 19 Malang tahun ajaran 2015/2016 / Dhita Pinatih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pinatih Dhita. 2016. Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen melalui Media Buku Harian pada Siswa Kelas VII D SMP Negeri 19 Malang Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Endah Tri Priyatni M.Pd. (II) Dra. Hj. Ida Lestari M.Pd. Kata Kunci menulis cerpen media buku harian Keberhasilan pembelajaran menulis kreatif ditentukan oleh banyak faktor salah satunya adalah faktor pemilihan media pembelajaran yang tepat. Media pembelajaran juga bermanfaat agar siswa lebih antusias dan termotivasi untuk belajar. Pada pembelajaran menulis cerpen media yang dapat digunakan sangat bervariasi serta bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan. Selama ini pembelajaran menulis cerpen sering terkendala masalah ide dalam memulai menulis cerpen biasanya siswa mencari ide terlalu muluk-muluk seperti pemerintahan di Indonesia kebakaran banjir dsb. Padahal mereka bisa menulis cerpen mengunakan ide-ide sederhana seperti pengalaman pribadi yang ditulis dalam buku harian mereka yang berkesan latar belakang inilah yang mendasari penelitian dengan judul Peningkatan Menulis Cerpen melalui Media Buku Harian pada Siswa Kelas VII D SMP Negeri 19 Malang Tahun ajaran 2015/2016 . Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 19 Malang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus siklus I dirancang berdasarkan interpretasi dan refleksi dari kegiatan studi pendahuluan. Siklus II atau siklus selanjutnya dirancang berdasarkan informasi dari siklus I atau siklus sebelumnya. Keputusan tentang berakhirnya suatu siklus bergantung pula pada kebutuhan lapangan. Penelitian ini dilakukan untuk (1) memaparkan peningkatan proses pembelajaran menulis cerpen dengan media buku harian pada siswa kelas VII SMP Negeri 19 Malang pada tahap (a) pratulis (b) tulis dan (c) pascatulis (2) memaparkan peningkatan hasil menulis cerpen dengan media buku harian pada siswa kelas VII SMP Negeri 19 Malang pada subkemampuan mengembangkam (a) unsur tema (b) unsur tokoh dan penokohan (c) unsur latar (d) unsur alur dan unsur sudut pandang. Berdasarkan hasil penelitian penggunaan media buku harian dalam pembelajaran menulis cerpen dapat meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa kelas VII D SMP Negeri 19 Malang. Secara keseluruhan peningkatan kemampuan menulis cerpen terlihat pada peningkatan pemahaman dan juga peningkatan nilai dari siklus I ke siklusII. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan bahan acuan bagi guru mata pelajaran bahasa Indonesia terutama dalam pembelajaran menulis cerpen dengan media buku harian sebagai media pembelajaran serta penelitian ini diharapkan dapat dijadikan acuan bagi peneliti berikutnya pada pembelajaran menulis puisi menulis drama dan keterampilan berbahasa yang lain dengan media buku harian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Feb 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9529

Actions (login required)

View Item View Item