Studi komunitas burung air di area sekitar waduk Sengguruh Kabupaten Malang / Woro Ayu Ambarwulan - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi komunitas burung air di area sekitar waduk Sengguruh Kabupaten Malang / Woro Ayu Ambarwulan

Ambarwulan, Woro Ayu (2019) Studi komunitas burung air di area sekitar waduk Sengguruh Kabupaten Malang / Woro Ayu Ambarwulan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ambarwulan Woro Ayu. 2019. Studi Komunitas Burung Air di Area Sekitar Waduk Sengguruh Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Biologi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Sofia Ery Rahayu S. Pd. M. Si. (II) Drs. I Wayan Sumberartha M.Sc. Kata Kunci komunitas burung air Waduk Sengguruh Kabupaten Malang Kehidupan burung air tergantung kepada keberadaan pantai atau lahan basah secara umum. Burung air sangat bergantung terhadap lahan basah untuk memperoleh makanan dan mendukung sistem hidupnya. Keberadaan burung tersebut di jadikan indikator penting dalam mengkaji mutu dan produktivitas suatu lahan basah. Lahan basah di Kabupaten Malang cukup banyak salah satunya adalah Waduk Sengguruh yang terletak di Desa Sengguruh Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang Propinsi Jawa Timur. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui burung air apa saja yang terdapat di area sekitar Waduk Sengguruh Kabupaten Malang (2) mengetahui keanekaragaman jenis kemerataan jenis dan kekayaan jenis burung air yang ada di area sekitar Waduk Sengguruh Kabupaten Malang dan (3) mengetahui status konservasi setiap jenis burung air yang ditemukan di area sekitar Waduk Sengguruh Kabupaten Malang. Penelitian ini diharapkan dapat menyadarkan masyarakat dan dapat memberi masukan kepada pihak pengelola terkait pentingnya menjaga keberadaan burung air di Waduk Sengguruh Kabupaten Malang serta dapat menjadikan penelitian ini data base bagi penelitian selanjutnya. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif eksploratif. Metode yang digunakan pada saat pengamatan adalah Metode Titik atau point count method. Pengamatan dilaksanakan pada bulan Maret-April 2019 dengan 5 titik pengambilan sampel. Pengamatan dilakukan pada 3 waktu berbeda yaitu pagi hari (06.00-08.00 WIB) siang hari (10.30-12.30 WIB) dan sore (15.00-17.00 WIB). Lokasi penelitian adalah Area sekitar Waduk Sengguruh Kabupaten Malang. Obyek penelitian adalah burung air yang ditemukan pada setiap titik pengamatan di area sekitar Waduk Sengguruh Kabupaten Malang. Hasil dari penelitian ini terdapat 4 Famili dari 15 spesies yang ditemukan di area sekitar Waduk Sengguruh Kabupaten Malang. Famili tersebut yaitu Famili Ardeidae Famili Scolopacidae Famili Rallidae Famili Alcedinidae. Analisis Keanekaragaman (H ) menunjukkan 2 29 70% dan spesies tersebut memiliki nilai Indeks kelimpahan relatif sebesar 23 22% yang termasuk kategori tinggi yaitu 20%. Berdasarkan International Union for the Conservation of Nature and Natural Resources (IUCN) semua burung air yang ditemukan memiliki satus konservasi Least Concern atau tingkat risiko rendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/95246

Actions (login required)

View Item View Item