Pemetaan kemampuan literasi dasar siswa SDN se-Kecamatan Nglegok / Febri Samiatul Kabibah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemetaan kemampuan literasi dasar siswa SDN se-Kecamatan Nglegok / Febri Samiatul Kabibah

Kabibah, Febri Samiatul (2016) Pemetaan kemampuan literasi dasar siswa SDN se-Kecamatan Nglegok / Febri Samiatul Kabibah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kabibah Febri Samiatul. 2016. Pemetaan Kemampuan Literasi Dasar Siswa SDN se-Kecamatan Nglegok. Skripsi. Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Suyono M.Pd (II) Dr. Endah Tri Priyatni M.Pd. Kata Kunci literasi literasi dasar pemetaan kemampuan literasi dasar Literasi mulai berkembang seiring dengan berkembangnya dunia pendidikan dan teknologi. Literasi dasar merupakan kegiatan membaca secara mendalam diikuti kegiatan berpikir kritis serta menuliskan hasil dari membaca yang dimanfaatkan untuk belajar tentang kehidupan sosial masyarakat maupun lingkungan kerja. Kemampuan literasi dasar berarti kesanggupan seseorang dalam membaca menulis dan berpikir kritis yang dimanfaatkan untuk belajar sepanjang hayat baik di rumah tempat kerja maupun dalam masyarakat. Kemampuan literasi dasar mutlak diperlukan siswa dalam menghadapai persaingan global. Untuk itu pemetaan kemampuan literasi perlu dilakukan agar pendidik mengetahui seberapa besar kemampuan siswa dalam berliterasi guna mempersiapkan diri menghadapi persaingan di era globalisasi. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa SDN Kecamatan Nglegok pada (1) merangkum (2) membandingkan dan membahasakan tabel (3) memberikan solusi (4) membuat tampilan visual dan (5) skor total tes literasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif. Data penelitian berupa paparan skor siswa setiap kegiatan dan skor total siswa yang diperoleh berdasarkan tes kemampuan literasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap mengumpulkan data pemberian skor dan pengolahan data yang terkumpul dengan mencari rata-rata skor. Berdasarkan hasil analisis data dapat diperoleh simpulan berikut. Kemampuan literasi siswa SDN se-Kecamatan Nglegok termasuk dalam kategori menengah ke bawah dengan jumlah siswa paling tinggi pada kategori menengah yakni sebanyak 65 dari 98 siswa. Persentase pencapaian siswa sebesar 45% dari skor maksimal 100. Sebagian besar siswa mampu mengerjakan tes literasi pada kegiatan merangkum. Hal ini terlihat dari rata-rata skor siswa yang mencapai lebih dari 50%. Berdasarkan simpulan hasil penelitian dapat dikemukakan beberapa saran sebagai berikut. Pertama bagi pendidik dapat mengajarkan literasi pada setiap aspek pembelajaran. Kedua pendidik dapat menggunakan kelima jenis kegiatan pada penelitian ini agar siswa lebih terbiasa menggunakan modus ujian isian daripada objektif. Oleh karena itu kemampuan siswa dalam berpikir kritis lebih berkembang. Ketiga saran yang dapat diberikan kepada sekolah hendaknya lebih mengoptimalkan fasilitas yang dimiliki guna meningkatkan kemampuan literasi siswa seperti pengembangan perangkat pembelajaran dan pemeliharaan perpustakaan. Keempat saran yang dapat diberikan pada peneliti lain yakni peneliti dapat meneliti aspek lain yang berkaitan dengan literasi seperti instrumen faktor yang memengaruhi literasi maupun kemampuan literasi siswa pada jenjang yang lebih tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9520

Actions (login required)

View Item View Item