Kartikasari, Nyda Berliana (2016) Efektivitas penerapan teknik definisi dalam pembelajaran menulis puisi pada siswa PAUD / Nyda Berliana Kartikasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Kartikasari Nyda Berliana. 2016. Efektivitas Penerapan Teknik Definisi dalam Pembelajaran Menulis Puisi pada Siswa SD. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Muakibatul Hasanah M.Pd (II) Dra. Hj. Ida Lestari M.Si. Kata Kunci menulis puisi teknik definisi siswa sekolah dasar Menulis puisi merupakan salah satu cara untuk mengemukakan gagasan pendapat bahkan kritikan dan dapat digunakan untuk melatih kemampuan berbahasa seseorang. Menulis puisi merupakan salah satu kompetensi dasar yang terdapat pada mata pelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar khususnya sekolah yang masih menggunakan Kurikulum KTSP. Pada kenyataannya pembelajaran menulis puisi di sekolah kurang diminati oleh siswa. Siswa merasa bahwa menulis puisi itu sulit dilakukan. Hal tersebut dapat terjadi karena tidak adanya latihan secara berkala untuk menulis puisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan teknik definisi dalam pembelajaran menulis puisi pada siswa SD dalam aspek tema diksi citraan rima majas dan panjang puisi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan eksperimen semu dan desain eksperimen control group pretest and posttest. Penelitian ini menguji hipotesis alternatif yang berbunyi teknik definisi efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis puisi pada siswa SD dalam aspek (1) tema (2) diksi (3) citraan (4) rima (5) majas dan (6) panjang puisi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 01 Ngaglik Batu yang terdiri atas tiga kelas dengan jumlah 78 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara acak sampel (random sampling) yaitu memilih dua kelas dari tiga kelas yang ada. Instrumen yang digunakan adalah tes. Data penelitian berupa skor hasil belajar yang menggambarkan kemampuan siswa dalam menulis puisi dari kegiatan pretes dan posttes. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes menulis puisi bebas. Analisis data dilakukan dengan uji hipotesis yang sebelumnya diuji normalitas dan homogenitasnya terlebih dahulu. Berdasarkan hasil uji hipotesis diketahui bahwa nilai Sig. (2-tailed) 0 793 (Sig. 0 05). Perolehan tersebut berarti bahwa Ha yang diuji ditolak. Karena Ha ditolak maka teknik definisi tidak efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis puisi pada siswa SD. Pada aspek tema diksi citraan rima dan majas tidak terdapat perbedaan yang signifikan namun terdapat perbedaan yang signifikan pada aspek panjang puisi. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat disarankan beberapa hal sebagai berikut. Bagi guru apabila ingin menerapkan teknik definisi dalam pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan langkah-langkah yang sudah ada sebaiknya mengganti rangsang gambar menjadi rangsang benda yang nyata atau benda kesayangan milik siswa. Bagi peneliti lain apabila ingin melakukan penelitian yang serupa terlebih dahulu bisa memodifikasi langkah-langkah menulis puisi menggunkan teknik definisi sedemikian rupa sehingga lebih mudah dipahami oleh siswa atau mengganti populasi dengan jenjang sekolah yang lebih tinggi dan mengganti rangsang gambar menjadi rangsang benda yang nyata.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Oct 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/9516 |
Actions (login required)
View Item |