Pemetaan kemampuan literasi mahasiswa tingkat awal Universitas Negeri Malang / Maslina Indriyana Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemetaan kemampuan literasi mahasiswa tingkat awal Universitas Negeri Malang / Maslina Indriyana Sari

Sari, Maslina Indriyana (2016) Pemetaan kemampuan literasi mahasiswa tingkat awal Universitas Negeri Malang / Maslina Indriyana Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Indriyana Sari Maslina. 2016. Pemetaan Kemampuan Literasi Mahasiswa Tingkat Awal Universitas Negeri Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan daerah Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Suyono M.Pd. (II) Dr. Nurchasanah M.Pd. Kata kunci kemampuan literasi pemetaan Kemampuan literasi adalah suatu kesatuan dari kemampuan berbahasa yakni kemampuan membaca menulis berbicara dan menyimak yang dihubungkan oleh kemampuan berpikir kritis sehingga didapatkan sebuah pemahaman yang kompleks terhaap suatu informasi. Kemampuan literasi dapat diukur dengan menggunakan tes. Tes yang dapat digunakan untuk mengukur kemampuan literasi yaitu dengan menggunakan tes yang mengaitkan kemampuan membaca berpikir dan menulis. Tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan literasi dapat dilakukan dengan lima kegiatan yaitu (1) merangkum teks (2) membandingkan unsur-unsur isi teks (3) memecahkan masalah dalam teks (4) membahasakan tabel isi teks (5) membuat diagram batang isi teks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi mahasiswa tingkat awal Universitas Negeri Malang angkatan 2015 Jenis peneflitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitan ini adalah mahasiswa tingkat awal Universitas Negeri Malang angkatan 2015. Populasi terdiri dari mahasiswa UM angkatan 2015. Sampel penelitian ini adalah beberapa mahasiswa dari 8 fakultas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes literasi dan rubrik penilaian. Data berupa skor nilai kemampuan literasi mahasiswa. Analisis data terdiri dari tiga tahapan (1)pemeriksaan (editing) (2) proses pemberian identitas (coding) (3) proses pembeberan data. Hasil analisis data menunjukan bahwa kemampuan merangkum mahasiswa tingkat awal Universitas Negeri Malang angkatan 2015 amat baik. Mahasiswa setiap fakultas rata-rata mendapatkan skor antara 16-20 dalam kegiatan merangkum. Artinya kemampuan merangkum teks oleh mahasiswa yaitu mencapai 81-100%. Kemampuan membandingkan teks mahasiswa tingkat awal Universitas Negeri Malang angkatan 2015 baik. Mahasiswa setiap fakultas rata-rata mendapatkan skor antara 11-15 dalam kegiatan membandingkan teks. Artinya kemampuan membandingkan teks oleh mahasiswa yaitu mencapai 61-80%. Kemampuan memecahkan masalah teks mahasiswa tingkat awal Universitas Negeri Malang angkatan 2015 cukup baik dengan perolehan skor antara 11-15. Beberapa mahasiswa mampu mengerjakan kegiatan memecahkan masalah dengan perolehan skor 6-10. Artinya kemampuan membandingkan teks oleh mahasiswa yaitu mencapai 61-80% dan 21-40%. Kemampuan membahasakan tabel mahasiswa tingkat awal Universitas Negeri Malang angkatan 2015 cukup rendah dengan perolehan skor rata-rata 8 4. Artinya kemampuan membahasakan tabel oleh mahasiswa yaitu mencapai 21-40%. Kemampuan membuat diagram batang isi teks oleh mahasiswa tingkat awal Universitas Negeri Malang angkatan 2015 cukup rendah dengan perolehan skor rata-rata 5 5. Artinya kemampuan membuat diagram batang isi teks yang telah dibaca oleh mahasiswa yaitu mencapai 0-20%. Kemampuan literasi mahasiswa tingkat awal Universitas Negeri Malang angkatan 2015 cukup baik. Dari hasil tes yang terdiri atas lima kegiatan dengan tingkat kesulitan yang berbeda diperoleh nilai rata-rata keseluruhan kegiatan dengan jumlah nilai 56 7. Artinya kemampuan literasi mahasiswa tingkat awal UM cukup baik yaitu sekitar 55%. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi mahasiswa berdasarkan tes kemampuan literasi dengan kegiatan merangkum membandingkan memecahkan masalah membahasakan tabel membuat diagram dengan kategori cukup baik. Kegiatan membuat diagram merupakan aspek kegiatan yang paling sulit dikerjakan mahasiswa. Berdasarkan temuan disarankan kepada bagi pengajar penelitian ini dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran yang efektif dan inovatif dengan melakukan observasi atau pengamatan. Metode ini dapat digunakan untuk menegtahui kemampuan literasi mahasiswa. Akan tetapi pengajar harus memperhatikan aspek-aspek tertentu seperti bidang-bidang studi yang ditempuh oleh mahasiswa. Bagi Universitas Negeri Malang selaku penentu kurikulum perkuliahan penelitian ini dapat digunakan untuk menentukan langkah praktis guna meningkatkan kemampuan literasi mahasiswanya. Langkah praktis ini dapat diwujudkan misalnya dengan menambah fasilitas baca membuat gerakan sadar membaca dan sebagainya. Bagi mahasiswa Universitas Negeri Malang khususnya pada tingkat awal penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan refleksi atas kemampuan literasinya. Setelah mengetahui kemampuan literasinya diharapkan para mahasiswa dapat berusaha untuk meningkatkan kemampuan literasinya. Peneletian ini efektif digunakan sebagai tolok ukur untuk mengetahui kemampuan literasi mahasiswa dan dapat digunakan untuk langkah praktis dalam pengembangan bahan ajar yang sesuai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9513

Actions (login required)

View Item View Item