Kesalahan penggunaan kata dalam karangan mahasiswa Jurusan Asean Studies Universitas Walailak Thailand tahun 2014/2015 / Silvia Ligan Viani - Repositori Universitas Negeri Malang

Kesalahan penggunaan kata dalam karangan mahasiswa Jurusan Asean Studies Universitas Walailak Thailand tahun 2014/2015 / Silvia Ligan Viani

Viani, Silvia Ligan (2016) Kesalahan penggunaan kata dalam karangan mahasiswa Jurusan Asean Studies Universitas Walailak Thailand tahun 2014/2015 / Silvia Ligan Viani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ligan V Silvia. 2016. Kesalahan Penggunaan Kata dalam Karangan Mahasiswa Jurusan Asean Studies Universitas Walailak Thailand Tahun 2014/2015. Skripsi Jurusan Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Imam Suyitno M.Pd (II) Dr. Gatut Susanto M.M M. Pd. Kata kunci pilihan kata bentukan kata penulisan kata karangan BIPA Penelitian ini dilaksanakan sebagai pembanding atas penelitian terdahulu yang menitikberatkan pada kesalahan kalimat dan bentuk-bentuk kata yang terdapat dalam karangan pelajar BIPA di Indonesia sedangkan penelitian ini menitikberatkan pada kesalahan pemilihan pembentukan dan penulisan kata dalam karangan mahasiswa Thailand di Universitas Walailak. Setiap bentuk kesalahan dalam tulisan mahasiswa baik dalam bentuk kesalahan pemilihan kata pembentukan kata maupun penulisan yang tepat merupakan cerminan perkembangan pebelajar asing dalam mempelajari bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan merupakan penelitian yang berupa analisis teks yaitu teks karangan mahasiswa jurusan Asean Studies Universitas Walailak Thailand Tahun 2014/2015. Prosedur pengumpulan data penelitian ini yaitu dengan studi dokumentasi. Data pada penelitian ini adalah kesalahan pilihan kata bentukan kata penulisan ejaan yang ditemukan dalam karangan mahasiswa Thailand. Instrumen pada penelitian ini menggunakan (1) tabel panduan analisis data (2) tabel panduan kodifikasi data (3) tabel data kesalahan penggunaan kata. Selain itu prosedur analisis data pada penelitian ini dibagi menjadi 3 yaitu (1) reduksi data yang meliputi pengidentifikasian pengodean dan klasifikasi data (2) penyajian data dan (3) penarikan kesimpulan. Setelah itu proses yang dilakukan yakni pengecekan keabsahan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan penggunaan kata dalam karangan mahasiswa Thailand adalah kesalahan pilihan kata yang meliputi kesalahan kecermatan kata kesalahan ketepatan kata kesalahan kelaziman kata dan kesalahan keserasian kata. Kesalahan pembentukan kata yang meliputi kesalahan afiksasi kesalahan reduplikasi kesalahan komposisi dan kesalahan kontekstual. Kesalahan afiksasi dibedakan menjadi empat yaitu (a) kesalahan prefiks (b) kesalahan sufiks (c) kesalahan infiks (d) kesalahan konfiks. Kesalahan reduplikasi dibedakan menjadi lima yaitu (a) kesalahan reduplikasi utuh (b) kesalahan reduplikasi berimbuhan (c) kesalahan reduplikasi berubah bunyi (d) kesalahan reduplikasi sebagian dan (e) kesalahan reduplikasi semu. Dalam karangan mahasiswa Thailand jurusan asean studies Universitas Walailak tahun 2014/2015 ditemukan kesalahan penggunaan kata yang bersifat error dan mistake. Kesalahan pilihan kata pada ketepatan dan keserasian merupakan kesalahan error dalam penulisan karangan mahasiswa jurusan Asean Studies sedangkan kesalahan pada kelaziman dan kecermatan merupakan mistake. Kesalahan bentukan kata pada afiksasi merupakan kesalahan error dalam penulisan karangan mahasiswa jurusan Asean Studies sedangkan kesalahan bentukan pada reduplikasi merupakan miskate. Kesalahan penulisan kata pada huruf dan kosakata bahasa Inggris merupakan kesalahan error dalam penulisan karangan mahasiswa jurusan Asean Studies. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan beberapa saran. Pertama bagi pengajar disarankan untuk lebih menjelaskan materi tentang penggunaan kata kerja dan nomina pada kalimat. Penggunaan kata kerja pada pilihan maupun bentukan kata sukar dipahami pebelajar karena faktor bahasa Ibu dan Bahasa Asing yang telah dikuasi sebelumnya. Kedua bagi penyusun materi ajar disarankan untuk memberikan materi verba dan nomina lebih banyak kepada pebelajar. Materi pilihan kata lebih sering diajarkan karena mahasiswa sering mengalami kesalahan pemilihan kata dalam menulis kalimat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9512

Actions (login required)

View Item View Item