Analisis teks dalam buku bahasa Indonesia 2 untuk kelas VIII SMP/MTs / Nataniel Gaitian - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis teks dalam buku bahasa Indonesia 2 untuk kelas VIII SMP/MTs / Nataniel Gaitian

Gaitian, Nataniel (2016) Analisis teks dalam buku bahasa Indonesia 2 untuk kelas VIII SMP/MTs / Nataniel Gaitian. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRACK Gaitian N. 2016.Analisis Teks Dalam Buku Bahasaku Bahasa Indonesia 2 Kelas VIII SMP Dan MTs. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Heri Suwignyo M.P.d Kata Kunci analisis teks buku teks Buku teks adalah buku pelajaran yang disusun oleh para ahli dalam bidang studi tertentu yang memuat materi untuk digunakan dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran serta sesuai dengan standar nasional pendidikan. Secara khusus dapat diartikan bahwa buku teks bahasa Indonesia adalah buku yang berisi bahan/materi pelajaran bahasa Indonesia berlandaskan kurikulum dan karakteristik siswa yang disusun secara sistematis dan digunakan pendidik dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar sehingga tercipta lingkungan/suasana yang memungkinkan peserta didik untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan teks yang terdapan dalam buku teks Bahasaku Bahasa Indonesia 2 Untuk Kelas VIII SMP/MTs. Teks yang diteliti mencakup 3 hal yaitu (1) Mengetahui jenis teks bacaan dalam buku teks Bahasaku Bahasa Indonesia 2 kelas VIII SMP/ MTs (2) Mengetahui kesesuaian antara teks bacaan dengan tema pada setiap unut dalam buku teks Bahasaku bahasa Indonesia 2 kelas VIII SMP/ MTs dan (3) Mengetahui kesesuaian antara teks bacaan dalam buku teks Bahasaku Bahasa Indonesia 2 kelas VIII SMP/ MTs dengan SK dan KD berdasarkan kurikulum KTSP. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif.Arifin (2011 54) penelitian deskriptif adalah penelitian yang digunakan untuk mendeskripsikan dan menjawab persoalan-persoalan suatu fenomena atau peristiwa yang terjadi saat ini baik tentang fenomena dalam variabel tunggal maupun korelasi dan atau perbandingan berbagai variabel. Penelitian deskriptif berusaha mendeskripsikan suatu peristiwa yang menjadi pusat perhatian tanpa memberikan perlakuan khusus terhadap peristiwa tersebut. Data dalam penelitian ini adalah teks bacaan dalam buku teks Bahasaku Bahasa Indonesia 2 Kelas VIII SMP/ MTs yang terdapat pada setiap bab.Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi karena seluruh data yang ada berupa dokumen (teks bacaan dalam buku teks). Berdasarkan paparan data temuan penelitian dan pembahasan diperoleh 3 kesimpulan tentang teks bacaan yang terdapat dalam buku teks Bahasaku Bahasa Indonesia 2 Untuk Kelas VIII SMP/MTS. Kesimpulan tersebut meliputi (1) jenis teks bacaan (2) kesesuaian antara teks bacaan dengan tema dan (3) kesesuaian antara teks bacaan dengan SK dan KD berdasarkan kurikulum KTSP yang terdapat dalam buku teks Bahasaku Bahasa Indonesia 2 Kelas VIII SMP/MTs. Pertama jenis teks bacaan yang terdapat dalam buku teks Bahasaku Bahasa Indonesia 2 Kelas VIII SMP/MTs terdiri dari 7 jenis yaitu (1) teks laporan (2) teks drama (3) teks novel remaja Indonesia (4) surat dinas (5) teks pembawa acara (6) teks berita serta (7) isi teks wacana. Sementara menurut teori jenis teks secara umum ada 5 jenis teks yaitu (1) narasi (2) deskripsi (3) eksposisi (4) argumentasi serta (5) persuasi. Variasi jenis teks bacaan yang terdapat dalam buku teks Bahasaku Bahasa Indonesia 2 Kelas VIII SMP/MTstentunya akan membuat siswa lebih tertarik dalam kegiatan belajar mengajar karena siswa bisa membaca mengetahui dan memahami berbagai jenis teks. Kedua kesesuaianantarateksbacaandengantemadalambukuteks BahasakuBahasa Indonesia 2 Kelas VIII SMP/MTS dapatdilihatdari (1) judulteksdan (2) isiteks dengan tema pada setiap bab. Berdasarkanhaltersebut terlihatbahwateksbacaan yang adapadabukuteks BahasakuBahasa Indonesia 2 kelas VIII SMP/ MTS sudah sesuai dengan tema yang ada pada setiap bab. Ketiga kesesuaianantarateksbacaandenganSK dan KD berdasarkan KTSPdalambukuteks BahasakuBahasa Indonesia 2 Kelas VIII SMP/ MTS dapatdilihatdari (1) jenis teksdan (2) perintah kerja yang terdapat di bawah teks bacaan. Berdasarkandua haltersebut terlihatbahwateksbacaan yang adapadabukuteks BahasakuBahasa Indonesia 2 kelas VIII SMP/ MTS sudah sesuai dengan SK dan KD berdasarkan KTSP.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9510

Actions (login required)

View Item View Item