Pengembangan media pembelajaran menyusun, menelaah dan merevisi teks eksplanasi berbasis multimedia interaktif untuk siswa kelas VII / Aptia Ardiasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran menyusun, menelaah dan merevisi teks eksplanasi berbasis multimedia interaktif untuk siswa kelas VII / Aptia Ardiasari

Ardiasari, Aptia (2016) Pengembangan media pembelajaran menyusun, menelaah dan merevisi teks eksplanasi berbasis multimedia interaktif untuk siswa kelas VII / Aptia Ardiasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ardiasri Aptia. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Menyusun Menelaah dan Merevisi Teks Eksplanasi Berbasis Multimedia Interaktif untuk Siswa SMP Kelas VII. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Kusubakti Andajani M.Pd. (2) Dr. Endah Tri Priyatni M.Pd. Kata Kunci media pembelajaran menyusun menelaah dan merevisi teks eksplanasi multimedia interaktif Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan berbasis teks. Artinya Kurikulum 2013 mengarahkan siswa untuk belajar memahami hingga memproduksi teks. Memproduksi teks merupakan salah satu keterampilan menulis serta merevisi. Keterampilan tersebut diajarkan salah satunya pada pembelajaran menyusun menelaah dan merevisi teks eksplanasi kelas VII. Berdasarkan wawancara dengan guru SMP Kelas VII hasil pembelajaran menyusun teks eksplanasi pada kelas VII menunjukkan bahwa siswa belum mampu menyusun kalimat yang efektif. Hal tersebut terlihat dari teks eksplanasi yang dihasilkan siswa masih banyak terdapat penyusunan kalimat yang tidak padu serta penggunaan ejaan yang tidak sesuai dengan kaidah kebahasaan yang berlaku. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mempermudah pemahaman siswa terkait materi menyusun menelaah dan merevisi teks ekplanasi tersebut adalah dengan penggunaan media pembelajaran. Oleh karena itu media pembelajaran yang menunjang pembelajaran menyusun menelaah dan merevisi teks eksplanasi diteliti dan dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan media pembelajaran menyusun menelaah dan merevisi teks eksplanasi berbasis multimedia interaktif yang layak dari segi isi (2) menghasilkan media pembelajaran menyusun menelaah dan merevisi teks eksplanasi berbasis multimedia interaktif yang layak dari segi sistematika penyajian (3) menghasilkan media pembelajaran menyusun menelaah dan merevisi teks eksplanasi berbasis multimedia interaktif yang layak dari segi bahasa dan (4) menghasilkan media pembelajaran menyusun menelaah dan merevisi teks eksplanasi berbasis multimedia interaktif yang layak dari segi tampilan. Metode yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini diadaptasi dari model pengembangan Borg Gall (1983) yang terdiri atas sepuluh tahapan. Kesepuluh tahapan tersebut dimodifikasi menjadi sembilan tahapan yaitu (1) penelitian dan pengumpulan informasi (2) perencanaan (3) pembuatan draf produk beserta alat evaluasinya (4) uji ahli materi dan media (5) revisi hasil uji ahli (6) uji praktisi (7) revisi hasil uji praktisi (8) uji coba terbatas dan (9) revisi akhir. Uji coba produk dilaksanakan secara bertahap dengan urutan (1) uji coba ahli materi dan ahli media (2) uji coba praktisi dan (3) uji coba terbatas. Pengambilan data uji coba menggunakan instrumen yang berupa angket tertutup dan terbuka. Angket tertutup digunakan untuk memperoleh data kuantitatif yang berupa skor penilaian sedangkan angket terbuka digunakan untuk mendapatkan data kualitatif yang berupa catatan untuk saran perbaikan produk. Data yang diperoleh tersebut disajikan dan dianalisis berdasarkan aspek kelayakan produk yang telah ditentukan yang meliputi kelayakan isi kelayakan sistematika penyajian kelayakan bahasa dan kelayakan tampilan. Data kuantitatif dianalisis dengan cara dihitung menggunakan pedoman penyekoran sedangkan data kualitatif dipaparkan sebagai saran untuk perbaikan produk. Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini berupa media pembelajaran interaktif yang menggunakan aplikasi Adobe Director. Kompetensi dasar yang dikembangkan meliputi rangkaian keterampilan berbahasa menulis yakni menyusun menelaah dan merevisi teks eksplanasi. Materi tersebut berisi langkah-langkah menyusun menelaah dan merevisi teks eksplanasi. Penyajian materi dalam media tersebut disertai dengan kuis yang terdiri atas empat level soal sebagai latihan awal bagi siswa sebelum mereka berlatih mandiri menyusun teks eksplanasi beserta menelaah dan merevisinya. Hasil uji coba produk yang diperoleh dari ahli materi ahli media praktisi dan siswa disajikan berdasarkan tiap aspek kelayakan produk yaitu kelayakan isi 83 8% (layak) kelayakan sistematika penyajian 80 2% (layak) kelayakan bahasa 88 1% (sangat layak) dan kelayakan tampilan 82 2% (layak). Berdasarkan hasil tersebut media pembelajaran tergolong layak untuk diimplementasikan dalam pembelajaran menyusun menelaah dan merevisi. Penilaian media dari segi data kuantitatif tersebut didukung dengan data kualitatif yang berupa catatan sebagai acuan untuk penyempurnaan produk. Catatan perbaikan yang diperoleh yaitu (1) penyajian indikator dan tujuan yang disusun per-KD serta dinyatakan dalam kondisi (2) penambahan wacana utuh beserta penjelasan unsur kebahasaan (3) penjelasan serta pemberian contoh pada setiap petunjuk (4) penambahan tombol navigasi (5) pengubahan beberapa simbol navigasi (6) penyajian KD indikator dan tujuan dipaparkan dengan bahasa siswa (7) perbaikan kesalahan penulisan (8) penyesuaian tampilan dengan audien yang diacu (9) penyederhanaan tampilan awal sampul boks CD dan buku panduan dan (10) perbaikan tipografi. Media yang telah dikembangkan ini dapat dimanfaatkan oleh guru siswa dan peneliti sejenis. Guru dapat menggunakan media ini sebagai perangkat pembelajaran khusunya pelengkap buku teks pelajaran. Siswa dapat memanfaatkan media ini sebagai sarana belajar mandiri. Penelitian lanjutan dapat menjadikan media ini sebagai bahan pertimbangan untuk mengembangkan produk yang lebih baik. Penelitian dan pengembangan media ini idealnya dapat disebarluaskan melalui artikel ilmiah dan seminar dalam forum MGMP.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9471

Actions (login required)

View Item View Item