Pembelajaran menulis teks diskusi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Mojokerto / Lia Ristiyanti Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran menulis teks diskusi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Mojokerto / Lia Ristiyanti Putri

Putri, Lia Ristiyanti (2015) Pembelajaran menulis teks diskusi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Mojokerto / Lia Ristiyanti Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putri Lia Ristiyanti. 2015. Pembelajaran Menulis Teks Diskusi Peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Mojokerto. Skripsi Prodi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Jurusan Sastra Indonesia. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Yuni Pratiwi M.Pd. (2) Musthofa Kamal S.Pd. M.Sn. Kata Kunci menulis pembelajaran teks diskusi Penelitian pembelajaran menulis teks diskusi dilatarbelakangi oleh kebutuhan informasi tentang pelaksanaan pembelajaran menulis di sekolah. Menulis adalah kompetensi yang tidak dikuasai oleh semua peserta didik dengan baik tanpa adanya praktik secara berulang. Menulis teks diskusi merupakan salah satu kompetensi dasar dalam Kurikulum 2013 yang bertujuan agar peserta didik mampu menulis teks diskusi sesuai dengan struktur isi yang benar. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tentang perencanaan pelaksanaan dan penilaian pembelajaran menulis teks diskusi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Kehadiran peneliti di lapangan mutlak diperlukan karena peneliti berperan sebagai instrumen kunci dan pengumpul data. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Kota Mojokerto. Sumber data dan data penelitian dipilah sesuai dengan fokus penelitian. Data penelitian berupa (1) rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) (2) pelaksanaan pembelajaran yang terdiri atas aktivitas pendidik aktivitas peserta didik interaksi pendidik dengan peserta didik dan interaksi peserta didik dengan peserta didik dan (3) pelaksanaan penilaian yang terdiri atas penilaian proses dan penilaian hasil. Instrumen penelitian berupa pedoman wawancara pedoman analisis data RPP pedoman analisis pelaksanaan dan pedoman analisis data penilaian. Langkah-langkah analisis data penelitian yaitu (1) pengumpulan data (2) reduksi data (3) penyajian data dan (4) penyimpulan data. Tahap-tahap penelitian yaitu (1) tahap persiapan (2) tahap pelaksanaan dan (3) tahap penyelesaian. Hasil penelitian ini berupa deskripsi perencanaan pelaksanaan dan penilaian pembelajaran. Hasil penelitian perencanaan menulis teks diskusi antara lain sebagai berikut. Proses pendidik dalam menyusun RPP yaitu berpedoman pada silabus kemudian melihat kompetensi inti (KI) dan kompetensi dasar (KD). Berdasarkan KI dan KD pendidik merumuskan indikator. Setelah indikator dirumuskan barulah pendidik menyusun tujuan pembelajaran materi pembelajaran pendekatan metode model pembelajaran media dan sumber belajar langkah-langkah pembelajaran serta penilaian. Dalam RPP yang disusun pendidik terdapat upaya mewujudkan KI-2 dan KI-4. Selain itu RPP yang disusun oleh pendidik menerapkan pendekatan saintifik berupa aktivitas menanya mencoba dan mengomunikasikan. Hasil penelitian pelaksanaan pembelajaran menulis teks diskusi menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran terdapat aktivitas pendidik dan peserta didik yang terbagi atas tiga tahap kegiatan yaitu kegiatan pendahuluan kegiatan inti dan kegiatan penutup. Pada kegiatan pendahuluan aktivitas yang dilakukan yaitu salam presensi apersepsi dan menjelaskan tujuan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Oct 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9447

Actions (login required)

View Item View Item