Zaki, Anitah Karisma (2015) Struktur dan ciri bahasa teks facel dalam karangan siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Malang / Anitah Karisma Zaki. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Zaki Anitah Karisma. 2015. Struktur dan Ciri Bahasa Teks Fabel dalam Karangan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Jurusan Sastra Indonesia. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Nita Widiati M. Pd. (II) Prof. Dr. Wahyudi Siswanto M. Pd. Kata kunci struktur teks fabel ciri bahasa teks fabel fabel pembelajaran menulis Mengarang sebagai salah satu kemampuan yang harus dikuasai siswa sebagai salah satu aspek yang dipelajari dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Mengarang merupakan kegiatan menggunakan bahasa tulis untuk menyatakan isi hati secara menarik kepada pembaca. Salah satu kegiatan mengarang yang dilakukan siswa yaitu mengarang atau menulis teks fabel. Menganalisis kebahasaan pada teks fabel berarti memaparkan kelengkapan teks fabel hasil karangan siswa berdasarkan struktur teks fabel dan ciri bahasa teks fabel. Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan kelengkapan struktur teks fabel karangan siswa kelas VIII SMP Negeri Malang dan kelengkapan ciri kebahasaan teks pada teks fabel karangan siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Malang. Kelengkapan struktur teks dalam penelitian ini diuraikan dalam beberapa aspek yaitu judul orientasi (perkenalan) komplikasi (muncul permasalahan) rangkaian peristiwa resolusi dan koda. Ciri bahasa teks fabel dalam penelitian ini diuraikan dalam beberapa aspek yaitu memuat tokoh menggunakan kata-kata yang menunjukkan urutan kronologis peristiwa menggunakan kata kerja untuk menggambarkan perilaku dan menggunakan kata sifat untuk mendeskripsikan watak atau perilaku tokoh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian berupa analisis isi. Kehadiran peneliti pada kegiatan penelitian bertindak sebagai instrumen kunci yang terlibat sejak perencanaan penelitian pelaksanaan pengumpulan data analisis menafsir data dan peneliti menjadi pelapor hasil penelitiannya. Kegiatan penelitian dilakukan di SMP Negeri 8 Malang dengan mengamati kelas VIII. Data penelitian ini terdiri atas (1) struktur teks pada teks fabel karangan siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Malang dan (2) ciri bahasa teks pada teks fabel karangan siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Malang. Data yang telah diperoleh kemudian dilakukan penyeleksian yang disesuaikan dengan kriteria. Sumber data diperoleh dari kumpulan teks fabel karangan siswa kelas VIII. Peneliti menggunakan instrumen penelitian berupa tabel analisis dengan memuat struktur serta ciri kebahasaan teks fabel. Data yang telah diperoleh dibaca diidentifikasi dilakukan pengkodean data dari hasil analisis. Penganalisisan data telah dilakukan data diperiksa keabsahan datanya dengan tiga teknik yaitu triangulasi ketekunan pengamat pemeriksaan teman sejawat yang berkompeten. Tahap akhir penelitian dilakukan pelaporan dalam bentuk laporan penelitian. Penelitian ini telah ditemukan dua hal utama. Pertama dari 24 teks fabel karangan siswa jika dilihat dari kelengkapan struktur terdapat 2 buah karya siswa
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Oct 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/9444 |
Actions (login required)
View Item |