Susanti, Vita Devi (2015) Pengaruh penggunaan media video pendek fenomena alam dan sosial terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi kompleks siswa kelas XI SMKN 5 Malang / Vita Devi Susanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Susanti Vita Devi. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Video Pendek Fenomena Alam dan Sosial terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Kompleks Siswa Kelas XI SMKN 5 Malang. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Endah Tri Priyatni M.Pd. (II) Drs. Dwi Saksomo M.Si. Kata Kunci Video pendek teks eksplanasi kompleks pembelajaran menulis Menulis teks eksplanasi kompleks merupakan salah satu kompetensi dasar di SMA/MA/SMK kelas XI. Teks eksplanasi kompleks merupakan teks yang menjelaskan proses mengapa atau bagaimana suatu peristiwa terjadi. Mengacu pada kriteria tulisan teks eksplanasi kompleks yang menitikberatkan pada proses terjadinya suatu peristiwa serta merupakan wacana ilmiah maka dibutuhkan bantuan media agar tujuan dari pembelajaran dapat tercapai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video pendek fenomena alam dan sosial terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi kompleks pada 4 aspek yaitu (1) kelengkapan isi (2) keruntutan dan kelengkapan tahapan (3) kalimat sebab-akibat dan (4) kualitas ejaan dan tanda baca. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMKN 5 Malang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI TKJ 2 (kelas eksperimen) dan TKJ 3 (kelas kontrol). Instrumen yang digunakan adalah video tes untuk menulis teks eksplanasi kompleks dan rubrik penilaian. Teknik pengumpulan data dengan tes menulis teks eksplanasi kompleks. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan video pendek fenomena alam dan sosial dalam menulis teks eksplanasi kompleks sedangkan kelas kontrol tanpa video. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji Mann Whitney U dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan media video pendek fenomena alam dan sosial terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi kompleks. Penggunaan media video pendek fenomena alam dan sosial berpengaruh pada empat aspek yaitu (1) kelengkapan isi siswa mampu menulis teks eksplanasi kompleks sesuai dengan kelengkapan isi yang meliputi pernyataan umum semua tahapan dari proses terjadinya fenomena dan simpulan yang berisi opini atau simpulan dari teks (2) keruntutan dan kelengkapan tahapan siswa mampu menuliskan semua tahapan dari suatu fenomena secara runtut dan lengkap (3) kalimat sebab-akibat kalimat sebab-akibat tersebut memiliki konjungsi sebab atau akibat seperti karena akibatnya dan disebabkan oleh dan (4) kualitas ejaan dan tanda baca. Rata-rata nilai postes kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Rata-rata nilai kelas eksperimen pada waktu postes adalah 91 sedangkan kelas kontrol 81. Selain itu rata-rata skor tiap aspek dalam menulis teks eksplanasi kompleks kelas eksperimen juga lebih tinggi daripada kelas kontrol. Rata-rata tiap aspek tersebut yaitu (1) kelengkapan isi kelas eksperimen memiliki rata-rata 3 7 sedangkan kelas kontrol 3 4 (2) keruntutan dan kelengkapan tahapan kelas eksperimen memiliki rata-rata 3 9 sedangkan kelas kontrol 3 5 (3) kalimat sebab-akibat kelas eksperimen memiliki rata-rata 3 7 sedangkan kelas kontrol 3 4 dan (4) kualitas ejaan dan tanda baca kelas
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Oct 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/9442 |
Actions (login required)
View Item |