Keefektifan kalimat dalam teks eksposisi karya siswa kelas X SMA Negeri 2 Lamongan / Eka Listiyaningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan kalimat dalam teks eksposisi karya siswa kelas X SMA Negeri 2 Lamongan / Eka Listiyaningsih

Listiyaningsih, Eka (2015) Keefektifan kalimat dalam teks eksposisi karya siswa kelas X SMA Negeri 2 Lamongan / Eka Listiyaningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Listiyaningsih Eka. 2015.KeefektifanKalimatdalamTeksEksposisiKaryaSiswaKelas X SMA Negeri 2 Lamongan.Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr.Nurchasanah M. Pd. (II) Drs. DwiSaksomo M.Si. Kata Kunci kalimatefektif tekseksposisi pembelajaranmenulis Penelitianinibertujuanmendeskripsikankeefektifankalimatdalamtekseksposisiberdasarkankesepadanan kepararelan dankehematankalimatdalamtekseksposisikaryasiswakelas X SMA Negeri 2 Lamongan.Penelitianinimenarikkarenapembelajarantekseksposisisudahdiajarkanpadajenjang SMP/MTS sehinggatekseksposisisudahdikenalsiswa SMA/MA/SMK.Akan tetapi penggunaankalimattidakefektifmasihseringditemukandalamtekseksposisikaryasiswa.Olehkarenaitu penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdengandesainpenelitianstudidokumen. Data penelitianiniberupakesepadanan keparalelan dankehematankalimat.Sumber data penelitianiniyaitukalimat-kalimat yang terdapatdalamtekseksposisikaryasiswakelas X ISS 1 dan X IBB SMA Negeri 2 Lamongan.Prosedurpengumpulan data penelitianinimenggunakanstudidokumendanteknikwawancara.Pengumpulan data dilakukandenganmengidentifikasi data yang layakditeliti merekam data kedalamtabelpenyajian data danmemberikankodepadamasing-masing data.Instrumenutamadalampenelitianiniadalahpenelitisendiridengandibantuintrumentambahanberupapanduanwawancara panduankriteriakelayakan data danpanduananalisis data.Untukmenjagakeabsahan data dilakukandenganketekunanpengamatan pengecekansejawat dandiskusidengandosenpembimbing.Kegiatananalisis data dilakukandenganreduksi data penyajian data danpenarikankesimpulan. Hasilpenelitianinisebagaiberikut.Pertama berdasarkanhasilanalisis 325 kalimatditemukan 186kalimatsepadan (57 2%) dan139kalimattidaksepadan (42 8%).Kesepadanankalimatditandaidengankejelasanfungsisubjek predikat danobjek.Kejelasanfungsisubjekdapatdilihatdarikeberadaansubjekdanpredikattidaktergangguolehfungsiketerangandankonjungsiintrakalimattidakdipakaidalamkalimattunggal.Kejelasanpredikatdapatdilihatdaripredikatdalamkalimattersebuttidakdidahuluioleh kata yang.Sementaraitu kejelasanfungsiobjekdapatdilihatdaripredikat yang berupa kata kerjatransitifselaludiikutiolehobjek. Kedua berdasarkanhasilanalisis 325 kalimatditemukan 162 kalimat yang memilikikesejajaran (49 8%) dan 163 kalimattidaksejajar (50 2%). Kepararelankalimatditandaidengankesejajaranbentuk maknadanperincian.Kesejajaranbentukdapatdilihatdaripengunaanfrasakoordinatifdankalimatmajemuksetara.Kesejajaranmaknadapatdilihatdarikesejajaran kata yang digunakandenganarti kata tersebut.Kesejajaranperinciandapatdilihatdarikesejajaran kata yang digunakandalammenuliskansebuahperincian. Ketiga berdasarkanhasilanalisis 325 kalimatditemukankehematankalimatsejumlah 172 kalimathemat (52 9%) dan 153kalimattidakhemat(47 1%). Kehematankalimatdapatditandaidenganpenghematan kata tugas subjek kesinoniman kata dantidakmenjamakkan kata yang berbentukjamak. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan kepada guru bahasa Indonesia agar lebih memperhatikan penyampaian materi keefektifan kalimat khususnya kesepadanan kepararelan dan kehematan kalimat. Guru dapat menentukan langkah-langkah pembelajaran untuk meningkatkan keefektifan kalimat dalam tulisan siswa. Selain itu guru diharapkan memeriksa kembali kesepadanan kepararelan dan kehematan kalimat dalam teks eksposisi karya siswa. Hal tersebut dilakukan agar siswa dapat melakukan perbaikan pada proses belajar mengajar selanjutnya.Bagi siswa disarankan agar lebih memperhatikan keefektifan kalimat khususnya kepararelan kalimat dalam teks eksposisi. Siswa diharapkan menghindari penggunaan bentuk makna dan perincian yang tidak sejajar. Siswa harus lebih giat berlatih menggunakan kalimat pararel dengan tepat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9436

Actions (login required)

View Item View Item