Kualitas teks pidato siswa kelas X MAN Malang 1 tahun pelajaran 2013/2014 / Daniar Rahmawati Ning Tyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Kualitas teks pidato siswa kelas X MAN Malang 1 tahun pelajaran 2013/2014 / Daniar Rahmawati Ning Tyas

Tyas, Daniar Rahmawati Ning (2014) Kualitas teks pidato siswa kelas X MAN Malang 1 tahun pelajaran 2013/2014 / Daniar Rahmawati Ning Tyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tyas Daniar Rahmawati Ning. 2014.Kualitas Teks Pidato Siswa Kelas X MAN Malang 1 Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Prodi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Imam Agus Basuki M. Pd. (II) Musthofa Kamal S.Pd. M.Sn. Kata Kunci teks pidato pembelajaran menulis Salah satu cara penyampaian berpidato yaitu metode manuskrip yang membutuhkan adanya teks atau naskah pidato. Teks Pidato adalah teks yang berisi gagasan atau pikiran dalam bentuk kata-kata atau tulisan yang akan dilisankan untuk ditujukan kepada orang banyak. Fungsi dari teks naskah pidato yaitu sebagai alat untuk membantu pembicara menuangkan gagasan atau ide secara tertulis yang nantinya akan disampaikan kepada pembaca atau pendengar. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan sistematika teks pidato yaitu salam pembuka pendahuluan isi simpulan harapan dan salam penutup (2) mendeskripsikan tujuan pidato dilihat berdasarkan isi dan (3) mendeskripsikan penggunaan bahasa teks pidato yang meliputi ejaan pilihan kata dan keefektifan kalimat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptifkualitatif. Instrumen yang digunakan untuk mendapatkan data adalah perintah dan petunjuk menulis teks pidato dan panduan analisis kualitas teks pidato. Sumber data penelitian ini adalah teks pidato siswa kelas X MAN Malang 1 tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 22 teks pidato. Kegiatan analisis data dilakukan dengan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan teknik ketekunan pengamatan dan triangulasi pakar yaitu konsultasi pada pembimbing. Berdasarkan analisis data pada kualitas teks pidato siswa kelas X MAN Malang 1 diperoleh tiga hasil penelitian. Sistematika.Sistematika teks pidato adalah bagian-bagian dalam teks pidato yang terdiri atas salam pembuka pendahuluan isi simpulan harapan dan salam penutup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagaian besar sistematika teks pidato siswa diketahui kurang lengkap karena banyak yang tidak memiliki bagian kesimpulan. Salam pembuka. Diketahui sebagian besar salam pembuka teks pidato siswa terdiri atas salam yang sesuai dengan konteks pendengar yaitu assalamualaikum wr. wb dikarenakan mayoritas warga sekolah beragama Islam serta ditemukan adanya salam secara umum yaitu selamat pagi salam sejahtera. Selain itu dalam salam pembuka diikuti sapaan kepada hadirin secara runtut mulai dari jabatan tertinggi hingga terendah. Pendahuluan. Diketahui sebagian besar pendahuluan teks pidato meliputi adanya ucapan syukur dan penyampaian maksud pidato secara jelas. Isi. Diketahui sebagaian besar isi teks pidato siswa memiliki gagasan yang sudah jelas dan terdapat fakta serta rinci. Simpulan. Diketahui sebagaian besar teks pidato tidak menyertakan simpulan. Selain itu terdapat pula beberapa simpulan dari teks pidato yang dianalisis memiliki inti dari keseluruhan isi pidato tetapi tidak jelas maknanya. Harapan. Diketahui sebagaian besar harapan kurang memuat pesan dan tidak disertai alasan yang jelas.Salam penutup.Diketahui sebagian besar salam penutup meliputi adanya permohonan maaf dan ucapan terima kasih disertai alasan yang jelas serta ditutup salam sesuai konteks sedangkan ada pula yang hanya terdapat permohonan maaf atau ucapan terima kasih saja. Tujuan pidato berdasarkan isi.Tujuan pidato adalah maksud penyampaian pidato. Ada empat tujuan pidato yaitu pidato informatif pidato argumentatif pidato persuatif dan pidato rekreatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar tujuan teks pidato siswa memiliki tujuan argumentatif dan informatif serta hanya sebagian kecil pidato yang bertujuan persuasif bahkan tidak ada teks pidato yang memiliki tujuan rekreatif. Tujuan argumentatif tersebut meliputi adanya pendapat yang logis dan disertai fakta yang mendukung pendapat sedangkan ada pula tujuan argumentatif yang meliputi adanya pendapat yang kurang logis dan disertai fakta yang kurang mendukung pendapat. Tujuan informatif tersebut meliputi adanya narasi yang logis berdasarkan fakta yang logis dan terdapat contoh. Penggunaan bahasa.Penggunaan bahasa adalah penggunaan ejaan yang sesuai dengan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan) pilihan kata yang tepat dan penuliasan kalimat yang efektif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar penggunaan bahasa dalam teks pidato menggunakanpilihan kata yang sudah tepat dalam menuliskan kata baku dan sesuai konteks serta penulisan kalimat sudah tergolong efektif. Disamping itu penggunaan ejaan sebagian besar tidak tepat karena tidak sesuai dengan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan)seperti dalam penulisan huruf kapital imbuhan kata di- ke- dan singkatan-singkatan. Berdasarkan hasil penelitian dikemukakan tiga saran. Pertama bagi guru. Guru Bahasa Indonesia diharapkan melakukan perbaikan pembelajaran menulis teks pidato bahasa Indonesia khususya dilihat dari segi salam pembuka pendahuluan isi simpulan harapan salam penutup tujuan pidato (argumentatif persuasif informatif) berdasarkan isi penggunaan ejaan pilihan kata dan keefektifan kalimat. Hal ini agar menjadikan siswa yang terampil dalam menuliskan teks pidato maka perlu dilakukan dengan cara pendalaman materi pemberian contoh dan latihan dari guru pembimbing pelajaran bahasa Indonesia Kedua bagi peneliti lain. Peneliti lain yang ingin melakukan penelitian terkait teks pidamenganalisis teks pidato siswa penelitian ini dapat dimanfaatkan meskipun dalam penelitian yang berbeda ataupun aspek yang berbeda sehingga penelitian ini dapat terlengkapi. Ketiga bagi siswa. Siswa diharapkan dapat menambah wawasan pengetahuan siswa maupun referensi belajar dalam pembelajaran menulis teks pidato.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9397

Actions (login required)

View Item View Item