Fungsi unsur intrinsik teks narasi siswa kelas XI SMK Negeri 3 Malang tahun pelajaran 2013-2014 / Anjar Aprilia Kristanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Fungsi unsur intrinsik teks narasi siswa kelas XI SMK Negeri 3 Malang tahun pelajaran 2013-2014 / Anjar Aprilia Kristanti

Kristanti, Anjar Aprilia (2014) Fungsi unsur intrinsik teks narasi siswa kelas XI SMK Negeri 3 Malang tahun pelajaran 2013-2014 / Anjar Aprilia Kristanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kristanti Anjar Aprilia. 2014. Fungsi Unsur Intrinsik Teks Narasi Siswa Kelas XI SMK Negeri 3 Malang Tahun Pelajaran 2013-2014. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Heri Suwignyo M.Pd. (II) Prof. Dr. Djoko Saryono M.Pd. Kata Kunci Fungsi Unsur Unsur Intrinsik Teks Narasi. Teks narasi adalah sebuah karya yang berisi pelaku-pelaku tertentu dengan pemeranan latar serta tahapan dan rangkaian cerita tertentu dan bertujuan untuk menceritakan suatu peristiwa melalui hasil imajinasi pengarang sehingga tampak seolah-olah pembaca melihat atau mengalami sendiri peristiwa itu. Teks narasi yang ditulis siswa dikembangkan dari beberapa fungsi unsur intrinsik sehingga teks narasi siswa tidak hanya menyajikan unsur intrinsik cerita secara langsung saja melainkan juga dengan memanfaatkan fungsi unsur intrinsik. Fokus penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan fungsi alur dalam pengembangan tema (2) fungsi watak dalam pengembangan alur (3) fungsi latar dalam penggambaran perwatakan tokoh dan (4) fungsi narator dan tokoh dalam penggambaran perwatakan tokoh. Penelitian ini merupakan kajian teks atau dokumen yang merupakan salah satu jenis penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini berupa teks narasi karya siswa kelas XI SMK Negeri 3 Malang. Data penelitian berupa kutipan-kutipan dalam teks narasi siswa kelas XI SMK Negeri 3 Malang yang menunjukkan adanya fungsi unsur intrinsik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi (1) tahap identifikasi (2) kodifikasi (3) deskripsi dan (4) penyimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan teknik kecermatan pengamatan peneliti dan diskusi dengan pakar atau pembimbing. 12288 12288 Hasil penelitian ini berupa deskripsi fungsi unsur intrinsik dalam teks narasi karya siswa kelas XI SMK Negeri 3 Malang. Fungsi unsur intrinsik tersebut meliputi (1) fungsi alur dalam pengembangan tema (2) fungsi watak dalam pengembangan alur (3) fungsi latar dalam penggambaran perwatakan tokoh dan (4) fungsi narator dan tokoh dalam penggambaran perwatakan tokoh. Fungsi alur dalam pengembangan tema terbagi dari fungsi penyampai dan pemertahan tema. Fungsi watak dalam pengembangan alur terbagi menjadi fungsi yang mengisi tahap alur dan menggerakkan alur hingga selesai. Fungsi watak yang menggerakkan alur cerita menampakkan adanya alur yang berkenaan dengan watak. Alur tersebut meliputi (1) alur kedewasaan (2) alur perbaikan dan (3) alur pengujian. Fungsi latar dalam penggambaran watak tokoh terdiri dari fungsi penggambaran (1) perilaku (2) persepsi dan (3) gaya hidup tokoh dalam menanggapi latar yang digambarkan siswa. Fungsi narator dan tokoh dalam penggambaran watak tokoh tampak pada ungkapannya yang meliputi (1) narasi (2) dialog (3) monolog dan (4) solilokui. Perwatakan tokoh digambarkan dengan bervariasi digambarkan dari (1) apa yang dikatakan penutur (2) jati diri penutur (3) lokasi percakapan (4) jati diri tokoh yang dituju (5) kualitas mental tokoh ketika berbincang (6) nada suara (7) penekanan (8) dan kosa kata pilihan untuk tokoh. 12288 12288 12288 12288 Saran penelitian ditujukan bagi guru siswa dan peneliti selanjutnya. Guru disarankan agar menggunakan metode atau media pembelajaran yang lebih variatif agar siswa tertarik dan tertantang untuk membuat tulisan lebih baik. Selain itu tidak menjelaskan unsur intrinsik dengan terpisah agar siswa bisa mengerti bahwa masing-masing unsur intrinsik itu memiliki fungsi yang berhubungan denga unsur lainnya sehingga pola pengembangan teks narasi mereka lebih kreatif dan menarik dalam mengungkapkan sesuatu. Siswa disarankan agar memanfaatkan fungsi-fungsi unsur intrinsik dalam teks narasi agar tulisan yang dihasilkan tidak hanya memberitahukan sesuatu pada pembaca tapi membuat pembaca juga melibatkan proses berpikir sehingga karya yang diciptakan akan lama melekat di hati pembaca. Bagi Peneliti selanjutnya disarankan agar melakukan penelitian yang relevan untuk memperkaya temuan fungsi unsur intrinsik dalam teks narasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9389

Actions (login required)

View Item View Item