Ningtyas, Puji Rahayu (2014) Peningkatan kemampuan menulis rangkuman melalui metode Team Assisted Individualization (TAI) pada siswa kelas VIII SMP PGRI 02 Lawang Kabupaten Malang / Puji Rahayu Ningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Ningtyas Puji Rahayu. 2014. Peningkatan Kemampuan Menulis Rangkuman Melalui Metode Team Assisted Individualization (TAI) pada Siswa Kelas VIII SMP PGRI 02 Lawang Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sunaryo HS. S.H. M.Hum (II) Drs. Bustanul Arifin S.H.M.Hum Kata kunci peningkatan kemampuan menulis rangkuman metode TAI. Keterampilan menulis merupakan keterampilan yang bertujuan meningkatkan kemampuan siswa berpikir secara aktif kreatif dan bermakna. Melalui pembelajaran ini diharapkan siswa mampu menguasai kemampuan menulis yang salah satu di antaranya adalah menulis rangkuman. rangkuman merupakan suatu cara yang efektif untuk menyajikan suatu karangan panjang dalam bentuk singkat. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia diketahui bahwa kemampuan menulis rangkuman siswa masih rendah. Rendahnya kemampuan tersebut salah satunya diduga karena metode pembelajaran yang digunakan guru masih konvensional. Melalui metode Team Assisted Individualization (TAI) diharapkan kemampuan menulis siswa dapat ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis rangkuman siswa. Peningkatan kemampuan siswa dengan metode Team Assisted Individualization (TAI) mencakup beberapa aspek yaitu aspek kelengkapan isi aspek kepaduan kalimat dan aspek penggunaan ejaan dan tanda baca. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena memaparkan gambaran hasil penelitian. Sementara itu jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-B SMP PGRI 2 Lawang Kabupaten Malang yang berjumlah 21 siswa. Data penelitian ini berupa data kemampuan menemukan gagasan utama mengalimatkan gagasan utama menjadi paragraf yang padu dan penggunaan ejaan dan tanda baca dengan metode Team Assisted Individualization (TAI). Sumber data penelitian adalah rangkuman yang ditulis siswa kelas VIII-B SMP PGRI 2 Lawang Kabupaten Malang. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus masing-masing siklus dilakukan dalam satu kali pertemuan. Kegiatan yang dilakukan dalam masing-masing siklus adalah (1) tahap pratindakan (2) perencanaan tindakan (3) pelaksanaan tindakan (4) evaluasi tindakan dan (5) refleksi. Berdasarkan penerapan pembelajaran menulis rangkuman dengan metode Team Assisted Individualization (TAI) menunjukkan terjadi peningkatan hasil pembelajaran menulis rangkuman. Hal ini terlihat dari tahapan berikut. Pada pratindakan kemampuan menulis rangkuman nilai rata-rata sebesar 51. Setelah mengalami perbaikan pada siklus 1 terjadi peningkatan menjadi 72 6. Pada siklus II kemampuan menulis rangkuman nilai rata-rata menjadi 91 6. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dari pratindakan sampai ke siklus II. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis rangkuman dengan metode Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan kemampuan siswa secara signifikan dalam menulis rangkuman. Selain itu metode Team Assisted Individualization (TAI) juga berpengaruh terhadap keaktifan kesungguhan dan respon siswa selama mengikuti proses pembelajaran menulis rangkuman. 12288 12288 12288 12288 Saran yang dapat diberikan kepada guru mata pelajaran Bahasa Indonesia kiranya dapat memanfaatkan metode Team Assisted Individualization (TAI) sebagai salah satu alternatif pembelajaran yang inovatif dan kreatif. Demikian juga kepada Kepala SMP PGRI 02 Lawang Kabupaten Malang disarankan memberikan dukungan dan fasilitas yang memadai kepada guru untuk melakukan peningkatan kualitas pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di sekolah melalui pelatihan pembelajaran terutama penggunaan metode TAI dan penelitian yang berkenaan dengan perbaikan metode pembelajaran. Kepada peneliti lain dapat melakukan penelitian tentang peningkatan menulis dengan menggunakan metode lain agar lebih bervariasi dan dapat memperkaya pengetahuan mengenai upaya peningkatan kemampuan menulis rangkuman.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Aug 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/9378 |
Actions (login required)
View Item |