Kemampuan menulis puisi berdasarkan fiksimini siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Malang / Putri Desita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan menulis puisi berdasarkan fiksimini siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Malang / Putri Desita Sari

Sari, Putri Desita (2014) Kemampuan menulis puisi berdasarkan fiksimini siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Malang / Putri Desita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sari Putri Desita. 2014. Kemampuan Menulis Puisi Berdasarkan Fiksimini Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Malang. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Prodi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Yuni Pratiwi M.Pd. (II) Dr. Roekhan M.Pd. Kata Kunci menulis puisi fiksimini 12288 12288 12288 12288 Menulis puisi adalah kegiatan produktif dalam menuangkan atau memaparkan pikiran perasaan dan imajinasi seseorang berkenaan dengan pengalaman hidupnya ke dalam rangkaian kata-kata yang disusun dengan memperhatikan struktur pembangun puisi yaitu struktur fisik dan struktur batin. Menulis puisi dapat dibantu dengan beraneka ragam media salah satunya dapat menggunakan fiksimini. Fiksimini adalah sebuah kolom khusus dalam Majalah Story yang berisi cerita singkat tidak lebih dari 150 kata. Pemanfaatan fiksimini diharapkan dapat menjadi sumber inspirasi dan sumber kebahasaan siswa untuk menulis puisi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Malang dalam menulis puisi berdasarkan fiksimini dilihat dari struktur fisik dan struktur batin puisi. 12288 12288 12288 12288 Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Malang yang berjumlah 312 siswa. Populasi bersifat homogen sehingga penelitian ini menggunakan penelitian sampel dengan teknik pengambilan sampel secara acak. Sampel dari penelitian ini yaitu siswa kelas 8B 8C dan 8E yang berjumlah 118 siswa atau sebesar 38% dari jumlah populasi. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa perintah dan petunjuk menulis puisi serta rubrik penilain. Penelitian dilakukan dengan satu kali kegiatan pembelajaran dan satu kali tes yang melibatkan peneliti sebagai pengajar guru kelas sebagai pengamat dan teman peneliti sebagai pendokumentasi. Data berupa puisi karya siswa yang selanjutnya diberi skor sesuai rubrik penilaian. Analisis data dilakukan dengan lima tahapan yaitu (1) persiapan (2) penskoran (3) penentuan persentase masing-masing aspek (4) penentuan persentase siswa dengan kualifikasi tertentu dan (5) pengkodean puisi untuk dijadikan kutipan. 12288 12288 12288 12288 Hasil analisis data diperoleh informasi bahwa kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Malang dalam menulis puisi berdasarkan fiksimini sebagai berikut. Pada aspek diksi siswa yang tergolong mampu sebesar 59%. Sebagian besar diksi yang dipilih oleh siswa adalah kata yang memiliki keindahan lebih dan sesuai konteks. Siswa jarang memilih kata yang mengandung makna konotasi. Pada aspek rima siswa yang tergolong mampu sebesar 56%. Sebagian besar siswa menggunakan rima akhir sebagian lainnya yang mencoba untuk menggunakan rima akhir tidak berhasil untuk menemukan kata yang tepat dalam menyelaraskan rima. Pada aspek baris siswa yang tergolong mampu sebesar 99%. Hampir keseluruhan siswa telah mampu menulis puisi minimal delapan baris sesuai ketentuan yang diberikan dalam tugas. Dalam delapan baris puisi yang ditulis siswa telah mampu mengungkapkan idenya ke dalam puisi secara utuh. Pada aspek isi siswa yang tergolong mampu sebesar 96%. Artinya siswa telah mampu menggunakan fiksimini sebagai media untuk menulis puisi. Pada aspek tema siswa yang tergolong mampu sebesar 98%. Artinya tema puisi yang telah dihasilkan siswa sama dengan tema fiksimini sebagai medianya. Dalam hal ini fiksimini melatih siswa untuk lebih memahami suatu peristiwa lewat sebuah cerita dan mengubahnya menjadi sebuah puisi. Pada aspek amanat siswa yang tergolong mampu sebesar 97%. Artinya siswa telah berhasil untuk mengetahui sebagian nilai-nilai kehidupan dan menuangkannya kedalam sebuah puisi. Pada aspek judul siswa yang tergolong mampu sebesar 95%. Artinya siswa telah mampu menggunakan judul yang mencerminkan isi puisi. Pada keseluruhan aspek siswa yang tergolong mampu sebesar 59%. Artinya siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Malang tergolong cukup mampu untuk menulis puisi berdasarkan fiksimini. Dilihat dari persentase masing-masing aspek dapat diketahui bahwa aspek diksi dan rima adalah yang paling sulit bagi siswa. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan guru selain mengajarkan berbagai cara untuk menulis puisi guru juga mampu menumbuhkan kecintaan siswa pada puisi sehingga siswa bisa menemukan cara sendiri untuk menulis puisi. Selain itu guru juga harus lebih perhatian terhadap nilai siswa yaitu dengan menggunakan media yang lebih kreatif dan frekuensi latian yang lebih banyak untuk meningkatkan nilai mereka. Bagi peneliti lain diharapkan bisa melanjutkan penelitian ini dinilai dari aspek puisi yang lainnya atau bisa menggunkaan media lain yang lebih kreatif agar siswa tidak hanya sebagai bahan ujicoba tetapi mereka juga mendapatkan pengalaman yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9364

Actions (login required)

View Item View Item