Syakura, Zakiah Alif (2014) Pengembangan bahan ajar menulis kreatif puisi dengan media video ilmu pengetahuan untuk siswa SMA kelas X / Zakiah Alif Syakura. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Syakura Zakiah Alif. 2014. Pengembangan Menulis Kreatif Puisi dengan Media Video Ilmu Pengetahuan untuk Siswa SMA Kelas X. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Yuni Pratiwi M.Pd (II) Prof. Dr. Maryaeni M. Pd. Kata kunci bahan ajar puisi video ilmu pengetahuan. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil studi pendahuluan bahwa pembelajaran menulis puisi mengalami beberapa kendala baik dari siswa maupun dari guru. Kendala tersebut adalah kesulitan siswa menemukan ide serta tema dan kesulitan merangkai kata dan ketidaksesuaian pelaksanaan pembelajaran dengan perencanaan yang telah dibuat. Untuk mengatasi tersebut diperlukan bahan ajar yang memberikan kesempatan siswa menghadirkan dunia nyata (yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan) ke dalam kelas untuk memberikan rangsangan sehingga siswa dapat menemukan ide menentukan tema hingga merangkai kata. Tujuan umum penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa bahan ajar menulis kreatif puisi dengan media video ilmu pengetahuan untuk siswa kelas X. Tujuan khusus penelitian yang pertama adalah (a) menghasilkan produk bahan ajar yang dikembangkan dengan empat kriteria yaitu (1) sistematika penyajian bahan ajar menulis kreatif puisi dengan media video untuk siswa SMA kelas X (2) deskripsi isi bahan ajar menulis kreatif puisi dengan media video untuk siswa SMA kelas X (3) penggunakan bahasa yang efektif dalam bahan ajar menulis kreatif puisi dengan media video untuk siswa SMA kelas X dan (4) tampilan yang menarik dalam bahan ajar menulis kreatif puisi dengan media video untuk siswa SMA kelas X. Tujuan khusus yang kedua adalah menghasilkan produk media video ilmu pengetahuan berbentuk audio-visual untuk siswa SMA kelas X. 12288 12288 12288 12288 Metode penelitian ini mengadaptasi prosedur penelitian Borg dan Gall yakni (1) studi pendahuluan (2) perencanaan (3) pengembangan draf produk (4) uji ahli dan uji praktisi (5) revisi hasil uji ahli dan uji praktisi (6) uji lapangan (7) penyempurnaan produk akhir. Uji produk dilakukan dengan melibatkan (1) ahli penulisan kreatif puisi (2) ahli pembelajaran menulis puisi (3) praktisi (guru Bahasa dan Sastra Indonesia) dan (4) lapangan (siswa kelas X MAN I Malang). Jenis data penelitian ini adalah data numerik dan data verbal. 12288 12288 12288 12288 Pada penelitian ini peneliti bertindak sebagai human instrument. Angket penilaian dan pedoman wawancara bebas digunakan sebagai instrumen pengumpulan data. Analisis data dilakukan dengan cara (1) mengumpulkan data verbal tertulis yang diperoleh dari angket penilaian (2) menghimpun menyeleksi dan mengklasifikasikan data verbal lisan berdasarkan kelompok uji dan (4) menganalisis data dan merumuskan simpulan analisis sebagai dasar untuk melakukan tindak lanjut terhadap produk yang dikembangkan. Uji produk berkaitan dengan aspek sistematika penyajian bahan ajar memperoleh rata-rata kelayakan produk sebesar 89.76% dari ahli pembelajaran menulis puisi dan 97.06% dari praktisi sehingga total keseluruhan rata-rata kelayakan produk pada aspek sistematika penyajian memperoleh 93.38%. Dengan presentase yang diperoleh tersebut sistematika penyajian bahan ajar tergolong sangat layak dan siap diimplementasikan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Aug 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/9363 |
Actions (login required)
View Item |