Studi sesar di Lampung menggunakan metode implus gelombang P berdasarkan data gempa tahun 2018 / Fifi Nurfadilah - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi sesar di Lampung menggunakan metode implus gelombang P berdasarkan data gempa tahun 2018 / Fifi Nurfadilah

Nurfadilah, Fifi (2019) Studi sesar di Lampung menggunakan metode implus gelombang P berdasarkan data gempa tahun 2018 / Fifi Nurfadilah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nurfadilah Fifi. 2019. Studi Sesar di Lampung Menggunakan Metode Focal Mechanisme Berdasarkan Data Gempa Tahun 2018. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs.Yoyok Adisetio Laksono M.Si. Kata Kunci Gempa Bumi Seiscomp3 Focal Mechanisme. Penelitian ini mengkaji studi kegempaan berupa penentuan mekanisme sumber gempa yang terjadi di Provinsi Lampung. Data yang digunakan berupa data sekunder yakni dengan memilah data gempa bumi yang terjadi di Lampung dengan Magnituodo lebid dari 5.0. Lampung merupakan kawasan yang rawan terhadap gempa bumi disebabkan terletak di pertemuan lempeng Indo-Autralia dan Lempeng Eurasia. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan mengumpulkan data gempa bumi dan data gelombang selanjutnya dilakukan pengolahan data yang kemudian dapat dianalisis. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan tentang jenis sesar yang terjadi di Lampung. Dalam satu tahun terdapat lima gempa yang memiliki parameter berbeda yakni (1) gempa yang terjadi pada 10 Mei 2018 dengan magnitudo 5 7 SR menghasilkan sesar naik (2) gempa yang terjadi 5 Juni 2018 dengan magnitudo 5.0 SR menghasilkan sesar naik sedikit geser (oblique naik) (3) gempa pada 9 Juli 20108 dengan magnitudo 5.3 SR menghasilkan sesar sesar naik sedikit geser (oblique naik ) (4) gempa pada 1 Agustus 2018 dengan magnitudo 5.7 SR menghasilkan sesar turun sedikit geser (oblique turun) (5) gempa pada 23 Agutus 2018 dengan magnitudo 5.5 SR menghasilkan sesar naik sedikit geser (oblique naik ). Saran ditujukan kepada dua pihak yaitu (1) calon peneliti selanjutnya dan (2) Masyarakat .Pertama Bagi calon peneliti selanjutnya agar menjadikan kajian kegempaan Lampung sebagai studi objek untuk diteliti penggunaan metode yang berbeda.. Penelitian mengenai kegempaan di Lampung diperlukan mengingat gempa bisa datang kapanpun waktunya.Kedua Bagi Mayarakat selanjtnya dapat menjadikan penelitian ini sebagai sumber informasi mengenai mitigasi bencana gempa bumi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/93533

Actions (login required)

View Item View Item