Pengaruh penggunaan sumber bahan teks terpilih dan teks beragam terhadap kualitas karya ilmiah sederhana siswa SMA N 1 Durenan / Endah Kusumaningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan sumber bahan teks terpilih dan teks beragam terhadap kualitas karya ilmiah sederhana siswa SMA N 1 Durenan / Endah Kusumaningrum

Kusumaningrum, Endah (2014) Pengaruh penggunaan sumber bahan teks terpilih dan teks beragam terhadap kualitas karya ilmiah sederhana siswa SMA N 1 Durenan / Endah Kusumaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

12288 12288 12288 12288 Kusumaningrum Endah. 2013. Pengaruh Penggunaan Sumber Bahan Teks Terpilih dan Teks Beragam terhadap Kualitas Karya Ilmiah Sederhana Siswa SMA N 1 Durenan. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia FS Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Suyono M.Pd (II) Drs. Dwi Saksomo M.Si. Kata kunci sumber bahan teks terpilih teks beragam karya ilmiah sederhana 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Penulisan karya ilmiah dalam pembelajaran bahasa Indonesia telah diperkenalkan pada siswa sejak pendidikan menengah pertama kemudian dilanjutkan pada tingkat menengah atas. Namun pengetahuan seorang siswa mengenai penulisan karya ilmiah seiring seringnya berlatih menulis karya ilmiah dari jenjang yang mudah hingga tingkat kesulitan cukup rumit belum tentu terus meningkat. Salah satu faktor yang berpengaruh dalam kegiatan menulis karya ilmiah sederhana ialah faktor bacaan. Mengingat hal tersebut maka diusulkan sumber bahan bacaan yang menuntut siswa untuk gemar membaca. Sumber bahan tersebut yaitu teks terpilih dan teks beragam di mana sumber bahan ini belum pernah diterapkan di SMAN 1 Durenan. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penyediaan sumber bahan teks terpilih dan teks beragam terhadap kualitas karya ilmiah sederhana siswa yakni pada aspek-aspek (1) merumuskan masalah (2) merumuskan judul (3) mengembangkan gagasan (4) menggunakan aspek kebahasaan dan (5) menulis rujukan. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen semu (Quasy Experimental Design) versi John W.Best prates-posttes tak ekuivalen. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen dalam penelitian ini diklasifikasikan menjadi dua yaitu (1) instrumen perlakuan dan (2) instrumen pengumpulan data. Instrumen perlakuan berupa pemberian teks terpilih dan pemberian teks beragam. Instrumen pengumpulan data berupa perintah dan petunjuk menulis karya ilmiah sederhana dan rubrik penilaian. Teknik pengumpulan data berupa tes menulis karya ilmiah sederhana. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif yakni yakni dengan teknik analisis rata-rata dan uji-t (Independent Sample T Test). 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut. Sumber bahan teks terpilih dan teks beragam keduanya mempunyai pengaruh dalam menulis karya ilmiah sederhana terbukti dari meningkatnya rata-rata hasil tes awal ke tes akhir. Penggunaan sumber bahan teks terpilih mempunyai pengaruh lebih besar dari pada sumber bahan teks beragam dalam menulis karya ilmiah sederhana terbukti dari rata-rata hasil tes akhir kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini ditunjang oleh besarnya perbedaan skor pengembangan gagasan karya ilmiah sederhana siswa kelas eksperimen dan kelas kotrol. Jadi kualiatas menulis karya ilmiah sederhana yang diajarkan dengan menggunakan sumber bahan teks terpilih lebih baik dibandingkan dengan kualitas menulis karya ilmiah sederhana yang diajarkan dengan menggunakan sumber bahan teks beragam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Mar 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9343

Actions (login required)

View Item View Item