Pratama, Fendy Yogha (2013) Analisis ilustrasi pada buku teks elektronik bahasa Indonesia untuk sekolah dasar: wujud, fungsi, dan relevansi / Fendy Yogha Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pratama Fendy Yogha. 2013. Ilustrasi pada Buku Teks Elektronik Bahasa Indonesia untuk Sekolah Dasar Wujud Fungsi dan Relevansi. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Nurhadi M.Pd. (II) Dr. Kusubakti Andajani M.Pd. Kata kunci Ilustrasi buku teks elektronik siswa sekolah dasar. Ilustrasi adalah sajian secara visual berupa sebuah ide objek ataupun peristiwa yang terdapat dalam buku teks untuk mencerminkan teks/materi pelajaran agar inti dari suatu teks/materi tersebut bisa lebih mudah dipahami oleh siswa. Pencantuman ilustrasi sebagai bagian yang penting dalam buku teks bukanlah tanpa alasan. Keefektivan penggunaan ilustrasi sebagai media pembelajaran sudah banyak dibuktikan oleh berbagai peneliti. Tujuan penelitian ini adalah menemukan wujud fungsi dan relevansi ilustrasi pada buku teks bahasa Indonesia untuk siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data pada penelitian ini adalah ilustrasi yang memvisualkan sebuah materi atau teks. Sumber data pada penelitian ini adalah buku teks elektronik bahasa Indonesia untuk siswa sekolah dasar dari situs resmi Kementerian Pendidika Nasional. Data dianalisis dengan tahapan (1) pengecekan data (2) reduksi data (3) pengodean data (4) penyajian data dan (5) penyimpulan. Penelitian ini menghasilkan temuan yang dikelompokkan berdasarkan masalah yang diangkat. Pertama wujud ilustrasi berdasarkan tingkat kerealistisan dibagi menjadi dua yaitu (a) foto dan (b) gambar. Foto adalah jenis ilustrasi yang dibuat menggunakan teknik fotografi sehingga didapatkan sebuah ilustrasi dengan tingkat kerealistisan yang tinggi. Wujud ilustrasi berdasarkan objek yang dominan dalam ilustrasi dibagi menjadi enam jenis yaitu (a) ilustrasi berobjek manusia (b) ilustrasi berobjek binatang (c) ilustrasi berobjek tumbuhan (d) ilustrasi berobjek benda mati (e) ilustrasi berobjek simbol/logo/tanda (f) denah dan (g) ilustrasi pemandangan. Ilustrasi berobjek manusia adalah ilustrasi yang di dalamnya terdapat manusia sebagai objek yang dominan. Wujud ilustrasi berdasarkan warna yang dimiliki dibagi menjadi tiga jenis yaitu (a) ilustrasi berwarna hitam putih (b) ilustrasi berwarna sebagian dan (c) ilustrasi berwarna penuh. Wujud ilustrasi berdasarkan ada tidaknya dialog yang mengikuti dibagi menjadi dua jenis yaitu (1) ilustrasi diikuti dialog dan (2) ilustrasi tanpa dialog. Kedua fungsi ilustrasi berdasarkan letak dibagi menjadi empat jenis yaitu (a) fungsi ilustrasi di awal bab (b) fungsi ilustrasi di awal subbab (c) fungsi ilustrasi pada teks bacaan dan (d) fungsi ilustrasi pada soal/pengayaan. Keenam fungsi ilustrasi berdasarkan perannya pada siswa dibagi menjadi empat jenis yaitu (a) fungsi kognitif (b) fungsi atensi dan (c) fungsi visualisasi. Ketujuh berdasarkan objek di dalamnya fungsi ilustrasi dibagi menjadi tiga jenis yaitu (a) fungsi deskriptif (b) fungsi ekspresif dan (c) fungsi konstruktif. Ketiga relevansi ilustrasi dibedakan menjadi empat jenis yaitu (a) relevansi ilustrasi dengan teks (b) relevansi ilustrasi dengan materi (c) relevansi ilustrasi dengan karakteristik siswa sekolah dasar dan (d) relevansi ilustrasi dengan latihan soal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Dec 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/9341 |
Actions (login required)
View Item |