Model pembelajaran membaca dan menulis lintas kurikulum / Ika Dyah Ayu Septiani - Repositori Universitas Negeri Malang

Model pembelajaran membaca dan menulis lintas kurikulum / Ika Dyah Ayu Septiani

Septiani, Ika Dyah Ayu (2013) Model pembelajaran membaca dan menulis lintas kurikulum / Ika Dyah Ayu Septiani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci membaca-menulis model pembelajaran membaca-menulis lintas kurikulum (MMLK) lintas kurikulum Membaca-menulis merupakan aktivitas yang saling berhubungan untuk membentuk sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas tinggi melalui proses belajar aktif yang bermakna. Secara bersamaan tiga kegiatan tersebut akan melatih siswa untuk mencari menemukan mengolah memanfaatkan informasi data pengetahuan dan ilmu. Membaca-menulis sangat berperan penting dalam berbagai segi kehidupan baik di sekolah lingkungan dan karir. Penerapan pembelajaran membaca-menulis di sekolah perlu diintegrasikan oleh semua guru mata pelajaran bukan hanya guru pengampu mata pelajaran bahasa. Model pembelajaran membaca-menulis lintas kurikulum akan memudahkan para guru untuk menerapkan pembelajaran membaca-menulis dalam setiap proses pengajaran. Membaca-menulis lintas kurikulum merupakan suatu keadaan pembelajaran bahasa yang dipadukan dengan pembelajaran bidang studi non-bahasa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kajian pustaka. Secara umum rancangan penelitian ini meliputi tiga hal 1) teknik analisis yang digunakan yaitu teknik pengumpulan data dari berbagai sumber meliputi jurnal ilmiah artikel dan buku-buku mengenai model-model pembelajaran membaca-menulis lintas kurikulum 2) analisis data dari berbagai sumber untuk menunjukkan konteks prinsip karakteristik dan manfaat setiap model pembelajaran membaca menulis lintas kurikulum untuk mata pelajaran Sains Matematika Ilmu Sosial dan Bahasa. dan 3) penyimpulan pada masing-masing rumusan masalah. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan lima konteks pentingnya pembelajaran membaca-menulis lintas kurikulum. Pertama membaca-menulis berperan penting dalam semua segi kehidupan baik pendidikan maupun hubungan sosial masyarakat. Membaca-menulis lintas kurikulum berperan untuk membantu siswa menguasai substansi berbagai materi mata pelajaran. Kedua keterampilan membaca-menulis sangat berpengaruh bagi semua orang karena meliputi kemampuan untuk memahami berpikir menerapkan dan berkomunikasi secara efektif untuk mencapai tujuan pribadi dan karir. Ketiga kemampuan siswa dalam membaca-menulis merupakan kunci keberhasilan dari semua kegiatan pembelajaran. Keempat membaca-menulis merupakan pusat dari pelajaran sebelum pelajaran yang lain seperti Sejarah Bahasa Matematika Ilmu Sosial Pemerintah Psikologi dan Biologi. Kelima membaca-menulis lintas kurikulum merupakan pengajaran membaca dan menulis dalam berbagai teks (seperti Bahasa Sains Sosial dan Matematika). Berdasarkan hasil analisis ditemukan empat model pembelajaran membaca-menulis lintas kurikulum (1) model PWIM (Picture-Word Inductive Model) (2) model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) (3) model pembelajaran Penemuan Konsep (Concept Attainment Model) dan (4) model pembelajaran Sinektik (Synectic). Model-model tersebut dapat dan telah banyak digunakan baik di dalam maupun di luar negeri. Berdasarkan hasil analisis ditemukan prinsip-prinsip setiap model pembelajaran ciri dan manfaat masing-masing model pembelajaran tersebut untuk berbagai bidang mata pelajaran. Dengan adanya temuan mengenai prinsip ciri dan manfaat setiap model ini diharapkan dapat menjadi referensi yang tepat bagi semua guru mata pelajaran untuk menerapkan pembelajaran membaca-menulis dalam setiap proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9299

Actions (login required)

View Item View Item