Muhtarom, Muhammad (2013) Penerapan metode Outdoor Activity untuk peningkatan motivasi dan hasil belajar menulis puisi siswa kelas X MA Plus Al-Amien Sabrang Ambulu Jember / Muhammad Muhtarom. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci metode Outdoor Activity menulis puisi motivasi belajar. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 ayat I tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang menyatakan bahwa proses pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif inspiratif menyenangkan menantang dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam belajar tampaknya belum sepenuhnya terlaksana. Hal ini diketahui dari fakta di lapangan saat peneliti melakukan observasi di MA Plus Al-Amien Sabrang Ambulu Jember. Pada observasi itu peneliti mencatat bahwa pembelajaran menulis puisi di kelas X MA Plus Al-Amien selama ini hanya dilakukan di dalam kelas dengan menggunakan metode ceramah. Pembelajaran seperti itu dirasa monoton dan menjenuhkan bagi siswa. Kejenuhan siswa bisa dilihat dari aktivitas siswa yang tidak terfokus pada materi pelajaran yang disampaikan guru. Dampak dari rasa jenuh memengaruhi turunnya motivasi belajar siswa dan turunnya motivasi siswa memengaruhi hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari perolehan nilai menulis puisi siswa kelas X MA Plus Al-Amien yang hanya mencapai 59% mencapai nilai KKM yakni 75. Berangkat dari permasalahan hasil catatan lapangan di MA Plus Al-Amien Sabrang Ambulu Jember maka peneliti mengadakan PTK untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar menulis puisi siswa kelas X MA Plus Al-Amien dengan cara memperbaiki praktik pembelajaran. Tahapan dalam penelitian ini meliputi perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Perencanaan pada tahap ini direncanakan menyusun RPP dan mempersiapkan instrumen yang dibutuhkan. Pelaksanaan pada tahap ini dilaksanakan penerapan metode Outdoor Activity untuk peningkatan motivasi dan hasil belajar menulis puisi. Pengamatan dilakukan oleh observer (guru bidang studi) terhadap guru untuk mengontrol keterlaksanaan tindakan dan mencatat aktivitas siswa dan guru. Refleksi dalam refleksi diidentifikasi rencana tindakan yang terlaksana dan yang tidak terlaksana motivasi siswa serta hasil belajar siswa dalam menulis puisi . Teknik analisis data yang yang digunakan dalam penelitian ini ada dua yakni data kualitatif dan data kuantitatif. Untuk data kualitatif teknik analisis yang digunakan yaitu (1) reduksi data berarti merangkum memilih hal-hal yang pokok memfokuskan pada hal-hal yang penting (2) penyajian data dapat berupa uraian singkat (3) kesimpulan dan verifikasi. Data kuantitatif dianalisis secara deskriptif yakni dicari nilai rata-rata dan persentasenya. Metode yang digunakan dalam PTK ini adalah metode Outdoor Activity. Metode Outdoor Activity adalah pembelajaran yang mengajak siswa keluar kelas untuk belajar di alam terbuka. Penerapan pembelajaran Outdoor Activity dilaksanakan dalam tiga tahap. Pada tahap awal guru melakukan pendalaman materi puisi menjelaskan cara menulis puisi yang mudah dan menyampaikan kalau pembelajaran menulis puisi akan dilakukan di luar kelas serta menyampaikan tata tertib pembelajaran Outdoor Activity. Tahap kedua (inti) pada tahap ini siswa diajak keluar kelas menuju lokasi pembelajaran yang sejuk hijau dan indah. Di lokasi pembelajaran siswa diminta untuk menulis puisi berdasarkan pikiran perasaan dan pengalaman dengan cara menulis ide dalam bentuk narasi mengubah narasi menjadi baris bait puisi dan menyuntingnya hingga menjadi puisi yang baik. Berdasarkan hasil analisis pembelajaran menggunakan metode Outdoor Actvity mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Peningkatan motivasi ditunjukkan dari perhatian siswa dalam mengikuti pembelajaran keberanian siswa dalam menjawab pertanyaan serta terselesaikannya semua tugas menulis puisi siswa dengan baik. Selain itu peningkatan motivasi juga tampak dari perolehan skor angket motivasi yang di siswa. Pada siklus I perolehan skor angket secara klasikal yang mendapat 69 17% dan pada siklus II mendapat 69 55% masuk kategori baik. Selain meningkatkan motivasi belajar siswa metode Outdoor Avtivity juga mampu meningkatkan hasil menulis puisi siswa kelas X MA Plus Al Amien Sabrang Ambulu Jember. Peningkatan hasil menulis puisi ditunjukkan dari perolehan nilai pembelajaran yang pada pra tindakan nilai rata-rata siswa adalah 72 34% dengan persentase ketuntasan 59% . Pada siklus I nilai siswa meningkat menjadi 81 88% dengan ketuntasan 84 375dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 87 334% dengan ketuntasan 93 375%. Peningkatan hasil belajar menulis penyebabnya antara lain materi yang diberikan guru kepada siswa sesuai dengan kebutuhan siswa yaitu cara menulis puisi yang mudah metode yang digunakan cocok dengan materi menulis puisi karena dengan Outdoor Activity objek pembelajaran siswa banyak dan konkrit sehingga dapat membantu siswa dalam menemukan idenya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Feb 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/9283 |
Actions (login required)
View Item |