Pengoptimalan kemampuan mempresentasikan hasil penelitian dengan strategi Think, Pair, Team Share (TPTS) pada siswa kelas XI SMA / Yuli Dwi Pratiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengoptimalan kemampuan mempresentasikan hasil penelitian dengan strategi Think, Pair, Team Share (TPTS) pada siswa kelas XI SMA / Yuli Dwi Pratiwi

Pratiwi, Yuli Dwi (2013) Pengoptimalan kemampuan mempresentasikan hasil penelitian dengan strategi Think, Pair, Team Share (TPTS) pada siswa kelas XI SMA / Yuli Dwi Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pengoptimalan kemampuan mempresentasikan strategi TPTS Salah satu kompetensi dasar yang harus dicapai oleh siswa kelas XI SMA adalah kemampuan mempresentasikan hasil penelitian. Selayaknya siswa kelas XI SMA harus sudah mampu dan lancar dalam berbicara di depan kelas baik dalam forum diskusi atau presentasi biasa. Namun kenyataannya yang terjadi pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tumpang ini masih banyak siswa yang belum lancar ketika berbicara di depan kelas mereka masih malu-malu dan kurang percaya diri ketika berbicara di depan kelas. Berkaitan dengan hal tersebut maka perlu diadakan penelitian untuk mengoptimalkan kemampuan siswa ketika presentasi di depan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memperbaiki dan mengoptimalkan kemampuan siswa dalam presentasi di depan kelas. Dari yang awalnya siswa kurang bisa berbicara di depan kelas sampai diberi tindakan yaitu strategi think pair team share (TPTS) untuk mengoptimalkan kemampuan siswa sampai siswa mampu dengan lancar dan percaya diri berbicara ketika mereka presentasi di depan kelas. Strategi TPTS sendiri adalah modifikasi dari strategi think pair share (TPS). Langkah-langkah pembelajaran yang diterapkan juga hampir sama hanya berbeda ketika sampai pada tahap team. Pada strategi TPTS yang digunakan pada penelitian ini tahap think adalah tahap ketika siswa diberi tugas individu oleh guru untuk mereangkum hasil penelitian yang telah dibagian guru. Ketika selesai merangkum siswa memasuki tahap pair yaitu tahapan ketika siswa harus berpasangan dengan siswa yang mempunyai topik penelitian yang sama. Dalam kegiatan berpasangan ini siswa ditugaskan untuk menyelaraskan hasil rangkuman mereka. Setelah selesai pada tahap ini siswa memasuki tahap team. Yaitu masing-masing pasangan mencari pasagan lain yang mempunyai topik yang sama. Mereka berkumpul membentuk sebuah kelompok baru. Dalam kelompok baru tersebut masing-masing pasangan berlatih untuk presentasi di depan kelas. Pasangan lain yang tidak presentasi ditugaskan untuk menilai kelompok yang sedang berlatih. Setelah selesai berlatih masing-masing siswa kembali ke pasangannya masing-masing. Dan mereka memasuki tahap akhir yaitu share. Tiap pasangan maju secara acak untuk mempresentasikan di depan kelas hasil rangkuman mereka. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Data penelitian diperoleh dari hasil hasil wawancara hasil observasi foto dan hasil rangkuman siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pedoman wawancara pedoman observasi pedoman instrumen proses dan pedoman instrumen hasil. Kegiatan analisis data dimulai dengan merekap hasil nilai yang telah diperoleh siswa. Setelah direkap dan dihitung maka bisa diketahui siswa sudah mengalami peningkatan atau belum. Dari hasil analisis data diperoleh beberapa kesimpulan. Pertama keaktifan siswa dapat dilihat pada pelaksanaan tindakan I dan II. Berdasarkan hasil observasi keaktifan siswa mengalami peningkatan secara bertahap hingga mencapai 73 6% yang telah benar-benar aktif dalam belajar. Penggunaan strategi think pair team share dapat memacu motivasi siswa sehingga siswa menjadi lebih aktif dan serius dalam belajar dan dengan begitu prestasis siswa dalam belajar akan mengalami peningkatan. Kedua perhatian siswa saat pembelajaran mengalami peningkatan karena penggunaan strategi think pair team share melalui pancingan guru pada kelompok terbaik yang akan mendapat penghargaan dari guru sehingga siswa semakin terpacu dan termotivasi untuk lebih perhatian pada proses belajar. Peningkatan perhatian mencapai 73 6% yang benar-benar perhatian terhadap pembelajaran mempresentasikan hasil penelitian. Ketiga adalah kerjasama siswa setelah dilakukan pembelajaran mempresentasikan hasil penelitian menggunakan strategi think pair team share perubahan antar pasangan dapat dikatakan menjadi lebih baik dan meningkat. Hal ini dapat dilihat dari penampakan setiap pasangan ketika mempresentasikan hasil rangkuman mereka di depan kelas mereka terlihat dapat bekerjasama dengan baik dan kompak. Kerjasama siswa mencapai 78 9% pasangan siswa yang benar-benar bisa bekerjasama dengan baik. Keempat peningkaan yang dicapai siswa dalam proses juga mempengaruhi hasil belajar siswa dalam mempresentasikan hasil penelitian tampak pada saat dalam merangkum laporan hasil penelitian setelah diberikan tindakan berupa strategi think pair team share. Nilai rata-rata indikator siklus I kemampuan mempresentasikan hasil penelitian sebesar 65 9 dan pada siklus II 82 6. Kelima peningkatan kemampuan siswa ketika presentasi pada aspek ketepatan isi mengalami peningkatan dari sebelum diberikan tindakan sampai dengan setelah diberikan tindakan berupa strategi think pair team share. Nilai rata-rata indikator siklus I kemampuan mempresentasikan hasil penelitian sebesar78 3 pada siklus II 85 4. Keenam kemampuan siswa dalam menggunakan bahasa mengalami peningkatan dari sebelum diberikan tindakan sampai dengan setelah diberikan tindakan berupa strategi think pair team share. Nilai rata-rata indikator siklus I kemampuan mempresentasikan hasil penelitian sebesar 78 9 dan pada siklus II 85 3. Ketujuh peningkatan kemampuan siswa ketika presentasi pada aspek tampilan mengalami peningkatan dari sebelum diberikan tindakan sampai dengan setelah diberikan tindakan berupa strategi think pair team share. Nilai rata-rata indikator siklus I kemampuan mempresentasikan hasil penelitian sebesar76 3 pada siklus II 83 9.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PINL Indonesian and Regional Literary Languages
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9277

Actions (login required)

View Item View Item