Pengembangan media pembelajaran membaca puisi berbasis multimedia interaktif pada siswa SMP / Miftahul Fahmil Ilmi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran membaca puisi berbasis multimedia interaktif pada siswa SMP / Miftahul Fahmil Ilmi

Ilmi Miftahul Fahmil (2013) Pengembangan media pembelajaran membaca puisi berbasis multimedia interaktif pada siswa SMP / Miftahul Fahmil Ilmi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci media pembelajaran membaca puisi multimedia interaktif Salah satu standar kompetensi pembelajaran sastra di SMP kelas VII dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) adalah memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca puisi indah dan buku cerita anak. Pembelajaran membaca puisi mempunyai beberapa nilai lebih bagi siswa. Nilai-nilai tersebut adalah melatih siswa untuk mengembangkan rasa percaya diri meningkatkan kepekaan terhadap berbagai masalah kehidupan yang tergambar dalam puisi dan menghargai khasanah sastra Indonesia. Nilai-nilai itu dapat diwujudkan apabila pembelajaran membaca puisi berjalan dengan lancar dan tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Hasil pengamatan peneliti dan wawancara pembelajaran membaca puisi di sekolah selama ini masih bersifat konvensional. Dalam mengajar guru hanya mengandalkan metode ceramah secara klasikal. Guru kurang menggunakan media pendukung selain buku. Berdasarkan hal tersebut di atas baik guru maupun siswa di sekolah memerlukan adanya inovasi media pembelajaran. Inovasi media pembelajaran tersebut digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Salah satu produk teknologi yang dapat digunakan sebagai inovasi dalam pembelajaran adalah komputer. Salah satu program komputer yang dapat menjadi media pendidikan adalah Macromedia flash yaitu program animasi yang telah banyak digunakan untuk menghasilkan desain yang professional dan berguna untuk animasi interaktif maupun non interaktif. Melalui media Macromedia flash siswa secara langsung dapat mengamati menelaah dan memahami materi secara jelas melalui gambar dan tabel-tabel instruksi sesuai dengan tayangan. Dengan menggunakan media pembelajaran Macromedia flash ini siswa diharapkan dapat memperoleh pengalaman secara langsung. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengembangkan isi media pembelajaran membaca puisi berbasis multimedia interaktif pada siswa SMP dan (2) untuk mengetahui tingkat kelayakan dan kemenarikan media pembelajaran membaca puisi berbasis multimedia interaktif pada siswa SMP. Rancangan penelitian ini adalah pengembangan dan model pengembanganya adalah (1) analisis kebutuhan dan karakteristik siswa (2) merumuskan tujuan interuksional (3) pengembangan materi pelajaran (4) pengembangan alat evaluasi (5) penyusunan naskah (6) produksi media (7) evaluasi dan revisi media. Hasil penelitian berupa produk CD interaktif media pembelajaran membaca puisi berbasis multimedia interaktif dan diuji cobakan pada siswa-siswi kelas VII SMP. Produk dikatakan valid apabila memiliki validasi 76% - 100% atau 56% - 75% dikatakan cukup valid tetapi memerlukan revisi. Hal itu perlu ii dilakukan agar produk dianggap benar-benar valid dan dapat diaplikasikan sebagai media pembelajaran. Berdasarkan temuan penelitian ini beberapa saran yang diperkirakan dapat meningkatkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif. Misalnya untuk lebih mengkaji memodifikasi dan memperkecil kekurangan pada media pembelajaran membaca puisi berbasis multimedia interaktif ini. Media ini dapat digunakan sebagai referensi dan salah satu media belajar bagi siswa yang tidak dibatasi oleh waktu dan jarak. Selain itu media ini diharapkan dapat menjadi salah satu model pembelajaran membaca puisi oleh guru yang lebih menarik dan variatif agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9274

Actions (login required)

View Item View Item