Analisis kestabilan model epidemi MSEIVR pada penyebaran penyakit difteri di Provinsi Jawa Timur / Anita Putri Rahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kestabilan model epidemi MSEIVR pada penyebaran penyakit difteri di Provinsi Jawa Timur / Anita Putri Rahayu

Rahayu, Anita Putri (2020) Analisis kestabilan model epidemi MSEIVR pada penyebaran penyakit difteri di Provinsi Jawa Timur / Anita Putri Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Rahayu Anita Putri. 2019. Analisis Kestabilan Model Epidemi MSEIVR pada Penyebaran Penyakit Difter di Provinsi Jawa Timur Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Toto Nusantara M.Si Kata kunci Difteri MSEIVR bilangan reproduksi dasar Penyakit difteri adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri corynebacterium diphteriade. Difteri merupakan penyakit infeksi akut yang tergolong penyakit mudah menular. Jumlah kasus difteri pada tahun 2017 sebanyak 954 kasus dengan jumlah kasus meninggal sebanyak 44 kasus. CFR difteri di Indonesia pada 2017 yaitu sebesar 4 61%. Dari jumlah tersebut kasus tertinggi terjadi di Jawa Timur dengan 331 kasus dan Jawa Barat yaitu sebanyak 167 kasus. Tujuan penelitian ini yakni menganalisa kestabilan model MSEIVR penyebaran penyakit difteri dengan memperhatikan sistem imun yang ada pada setiap individu. Selanjutnya mensimulasikan model dan mengetahui bagaimana pengaruh vaksinasi terhadap penyebaran penyakit difteri di Provinsi Jawa Timur. Tahap menganalisis model meliputi mencari titik kesetimbangan menganalisa kestabilan titik setimbang mencari bilangan reproduksi dasar dan melakukan simulasi menggunakan maple17. Berdasarkan hasil analisa diperoleh hasil bilangan reproduksi dasar sehingga mempunyai titik setimbang bebas penyakit. Artinya penyakit difteri tidak menjadi endemi dengan catatan vaksinasi terus dilakukan secara berkelanjutan. Hal ini menunjukkan vaksinasi merupakan strategi pengendalian difteri yang efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/92666

Actions (login required)

View Item View Item