Sherlyana, Vina (2019) Rancang bangun template intelligent tutoring system berbasis web / Vina Sherlyana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Sherlyana Vina. 2019. Rancang Bangun Template Intelligent Tutoring System Berbasis Web . Skripsi jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Mohamad Yasin S.Kom. M.Kom Kata kunci (ITS) Intelligent Tutoring System program web template sistem pakar kecerdasan buatan. Kurikulum 2013 bertujuan mempersiapkan tantangan masa depan dan kompetensi bersaing di era globlalisasi. Faktor yang mempengaruhi proses berjalannya kurikulum 2013 adalah guru siswa dan juga alat bantu belajar siswa. Alat bantu belajat siswa tersebut dapat berupa media komputer salah satunya yaitu ITS (Intelligent Tutoring System). ITS dapat digunakan untuk menggantikan peran guru dalam menyampaikan materi ketika guru berhalangan hadir. Sebelumnya ITS hanya digunakan untuk materi tertentu. Oleh karena itu pada penelitian ini akan dibuat program ITS berbentuk template gar bisa digunakan untuk semua mata pelajaran. Tujuannya dibuatnya program ini adalah untuk membantu meningkatkan minat belajar siswa serta untuk mengukur tingkat pemahaman siswa dalam suatu matri. Selain itu program juga dibuat untuk membantu guru dalam menyampaikan materi dan latihan soal. Tahap pembuatan program menggunakan metode waterfall. Tahapan metode waterfall terdiri dari analisis kebutuhan dan permasalahan (requirements) merancang (design) membuat program (coding program) uji program (testing) serta perawatan dan perbaikan program (maintenance). Uji program dilaksanakan pada validator ahli media serta guru dan murid SMAN 1 Batu. Hasil dari penelitian ini adalah program Template Intelligent Tutoring System yang dapat dilihat pada laman its.pusmatik.com. Program ini telah diuji coba dengan hasil penilaian 4 79 dari validator ahli media 4 3 untuk penilaian dari guru dan 4 45 untuk penilaian dari murid. Secara keseluruhan program mendapatkan nilai 4 51 dari skala penilaian 5 atau sekitar 90 2%. Berdasarkan hasil tersebut program yang dibuat dinilai valid dan dapat digunakan. Program dapat membantu meningkatkan minat belajar siswa serta membantu mengukur tingkat pemahaman siswa. Selain itu program juga mampu membantu guru dalam menyampaikan materi saat guru berhalangan hadir.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Jul 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/92643 |
Actions (login required)
View Item |