Analisis pemilihan anggota Paskibraka menggunakan metode AHP (Analitycal Hierarchy Process) / Febby Risqia Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis pemilihan anggota Paskibraka menggunakan metode AHP (Analitycal Hierarchy Process) / Febby Risqia Putri

Putri, Febby Risqia (2019) Analisis pemilihan anggota Paskibraka menggunakan metode AHP (Analitycal Hierarchy Process) / Febby Risqia Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Putri Febby Risqia. 2019. Analisis Pemilihan Anggota Paskibraka Menggunakan Metode AHP (Analytical Hierarchy Process). Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Toto Nusantara M.Si. Kata Kunci Sistem Pendukung Keputusan Analytical Hierarchy Process. Sistem pendukung pengambilan keputusan dapat digunakan dalam seleksi anggota paskibraka. Metode yang dapat digunakan untuk pemilihan anggota paskibraka adalah metode AHP (Analytical Hierarchy Process). AHP adalah metode pengambilan keputusan yang dikembangkan untuk pemberian prioritas beberapa alternatif ketika beberapa kriteria harus dipertimbangkan serta pengambil keputusan dapat menyusun masalah ke dalam suatu bentuk hirarki. Proses seleksi calon anggota paskibraka dilakukan oleh panitia seleksi dengan perhitungan secara manual perlu didukung dengan sistem pendukung pengambilan keputusan yang lebih efektif dan sistematis. Materi seleksi ini meliputi tes kesegaran jasmani Peraturan Baris Berbaris (PBB) wawancara dan bakat minat. Materi-materi tersebut digunakan sebagai variabel kriteria dengan subkriterianya masing-masing. Alternatif pemilihan merupakan calon anggota paskibraka yang terbagi dua sesuai jenis kelamin yaitu putra dan putri. Dalam metode AHP pemilihan anggota dapat dilihat berdasarkan hasil perangkingan bobot dari bobot yang tertinggi. Calon anggota dengan bobot yang tinggi mendapat peluang yang tinggi untuk diterima. Berdasarkan perbandingan hasil analisis AHP dengan hasil seleksi empat calon anggota berjenis kelamin putra teratas pada hasil analisis dinyatakan lolos dalam seleksi yang telah dilakukan. Calon anggota tersebut adalah calon anggota L4 dengan bobot 0 2681 lalu L7 dengan bobot 0 2270 L1 dengan bobot 0 1478 dan L6 dengan bobot 0 1355. Sedangkan pada calon anggota berjenis kelamin putri dua calon anggota teratas pada hasil analisis dinyatakan lolos dalam seleksi yang telah dilakukan. Calon anggota tersebut adalah calon anggota C2 dengan bobot 0 3089 dan C3 dengan bobot 0 1938.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/92636

Actions (login required)

View Item View Item