Analisis estetika visual iklan televisi Oreo di Indonesia tahun 2014-2018 / Novya Handayani - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis estetika visual iklan televisi Oreo di Indonesia tahun 2014-2018 / Novya Handayani

Handayani, Novya (2019) Analisis estetika visual iklan televisi Oreo di Indonesia tahun 2014-2018 / Novya Handayani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Handayani Novya. 2019. Analisis Estetika Visual Iklan Televisi Oreo di Indonesia Tahun 2014-2018. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Gunawan Susilo S.Sn M.Sn. (II) Dimas Rifqi Novica S.Sn M.Ds. Kata Kunci Oreo estetika visual iklan medium televisi Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan/menguraikan bentuk estetika visual yang terdapat pada iklan televisi Oreo yang ada di Indonesia dari tahun 2014-2018. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif. Iklan mempunyai peranan penting dalam menyampaikan pesan pada khalayak ataupun target market perusahaan untuk membuat inovasi dalam iklan dibutuhkan metode periklanan kreatif. Metode periklanan kreatif ini digunakan oleh biskuit Oreo pada periklanan televisi. Data penelitian berupa video dan artikel yang diperoleh dari beberapa situs online. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan dokumentasi. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap penelaahan data tahap identifikasi dan klasifikasi dan tahap evaluasi data. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh tiga simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama kesatuan(unity) yang terdapat memiliki kesinkronan antara audio dan visualnya warna-warna yang digunakan selaras namun pada iklan Oreo tahun 2015 dan 2018 warna yang digunakan adalah warna yang bersebrangan sehingga dari segi warna tidak merupakan satu kesatuan. Kedua kerumitan (complexity) pada masing-masing iklan tidak ada yang sama karena setiap iklan memiliki tema yang berbeda-beda. Musik yang digunakan juga memiliki dinamika yang berbeda pada masing-masing iklan. Ketiga kesungguhan (intensity) dapat dilihat dari keharmonisan antara audio dan tema cerita pada masing-masing iklan nuansa dan warna yang digunakan dapat saling menyatu sehingga membuat suasananya semakin kuat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/92232

Actions (login required)

View Item View Item