Norista Meilza (2015) Pengaruh media pembelajaran I-CHAT ( I Can Hear and Talk) terhadap kemampuan berbicara anak tunarungu kelas VII di SMPLB YPTB Kota Malang / Norista Meilza Wardhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Wardhani Norista Meilza. 2015. Pengaruh Media Pembelajaran I-Chat (I Can Hear and Talk) terhadap Kemampuan Berbicara Anak Tunarungu Kelas VII di SMPLB YPTB Kota Malang. Skripsi S1 PLB Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Tomas Iriyanto M.Pd (2) Dr. Sulthoni M.Pd Kata kunci tunarungu kemampuan berbicara media I-Chat. Anak tunarungu memiliki hambatan dalam berkomunikasi secara verbal. Kata-kata yang diucapkan sering tidak dimengerti oleh guru maupun lingkungan sekitar. Kata-kata yang diucapkan sering tidak jelas dan akhirnya dibantu dengan penggunaan isyarat jari. Anak kesulitan mengucapkan huruf vokal huruf konsonan memfonem dan kemampuan mengartikulasi. Beberapa kesulitan tersebut terdapat pada salah satu siswa di SMPLB YPTB Kota Malang. Siswa tersebut kesulitan mengucapkan kata-kata sehingga terjadi kesalahfahaman antara anak dan lingkungan sosial baik disekolah maupun di rumah. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan kemampuan berbicara siswa tunarungu di SMPLB Kota Malang saat baseline. (2) Untuk mendiskripsikan kemampuan berbicara siswa tunarungu di SMPLB Kota Malang saat intervensi. (3) Untuk membuktikan adanya pengaruh penggunaan media pembelajaran I-Chat (I Can hear and talk) terhadap kemampuan berbicara anak tunarungu kelas VII di SMPLB YPTB Kota Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Singgle Subject Research (SSR) dengan desain penelitian A-B dimana desain ini untuk mengukur perubahan yang terjadi pada target behavior fase baseline (A) ke intervensi (B). Subjek penelitian menggunakan satu siswa tunarungu yaitu ZA (14 tahun). Langkah-langkah penggunaan media I-Chat (1) guru memperlihatkan media pembelajaran I-Chat kepada siswa (2) guru menjelaskan konten-konten yang terletak pada I-Chat (3) siswa di minta untuk mencari kata yang akan diucapkan secara verbal (4) siswa mengucapkan kata secara verbal dengan mengukuti video yang terdapat pada aplikasi I-Chat. Berdasarkan pengolahan data diperoleh nilai rata-rata fase baseline subjek ZA sebesar 55 2% dan nilai rata-rata fase intervensi subjek ZA sebesar 75 5% yang berarti menunjukkan peningkatan nilai. Nilai overlap pada penilitian ini adalah 0% semakin sedikit prosentase overlap maka semakin besar pengaruh intervensi terhadap target behavior. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan I-Chat terhadap kemampuan berbicara siswa tunarungu kelas VII di SMPLB YPTB Kota Malang. Sehingga disarankan kepada guru agar mampu mengasah kemampuan berbicara. Penggunaan media pembelajaran I-Chat dalam pelajaran BPBI dapat diterapkan karena mampu membantu peserta didik melatih keterampilan berbicara dan berkomunikasi secara verbal
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 May 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/9200 |
Actions (login required)
View Item |