Dinamika Teater Hampa Indonesia Universitas Negeri Malang tahun 1989-2015 / Abdul Harits - Repositori Universitas Negeri Malang

Dinamika Teater Hampa Indonesia Universitas Negeri Malang tahun 1989-2015 / Abdul Harits

Harits, Abdul (2019) Dinamika Teater Hampa Indonesia Universitas Negeri Malang tahun 1989-2015 / Abdul Harits. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Harits Abdul. 2019. Dinamika Teater Hampa Indonesia Universitas Negeri Malang Tahun 1989-2015. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Ari Sapto M.Hum. Kata Kunci Dinamika Eksistensi Teater Hampa Indonesia Indonesia kaya akan keberagaman seni kebudayaan yang perlu di lesterakian oleh generasi selanjutnya. Salah satunya yang berhubungan dengan pementasan atau pertunjukan yaitu seni teater. Berkembangnya seni teater di Kota Malang mempengaruhi munculnya teater di univeristas baik negeri maupun swasta yang memiliki unit kegiatan mahasiswa teater. Teater Hampa Indonesia yang berada dibawah Universitas Negeri Malang didirikan pada tahun 1989. Eksistensi Teater Hampa Indonesia sejak tahun 1989-2015 banyak mengalami perubahan baik itu perkembangan maupun kemunduran dalam bidang kekaryaan dan bidang keorganisasian. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menjelaskan eksistensi teater di kota Malang dan menjelaskan dinamika Teater Hampa Indonesia Universitas Negeri Malang. Sejauh mana perubahan-perubahan yang terjadi dari setiap periode kepengurusan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah dan menggunakan lima tahapan (1) pemilihan topik (2) pengumpulan sumber (3) verifikasi (kritik sejarah keabsahan sumber) (4) interpretasi dan (5) historigrafi. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh dua kesimpulan penelitian sebagai berikut (1) mengenai eksistensi teater di Kota Malang. Teater di Kota Malang tidak terlepas dari adanya Perguruan Tinggi yang memberikan ruang berkarya bagi mahasiswa kemudian menjadi sebuah kelompok teater yang ada di luar Perguruan Tinggi tersebut. Selanjutnya faktor yang membuat teater kampus di Kota Malang tetap ada yaitu adanya kepedulian para pendirinya terhadap anggota baru dan proses regenerasi anggota sangat menentukan keberadaan teater. (2) Munculnya Teater Hampa Indonesia juga dari para mahasiswa yang gelisah jika teater kampus tidak ada lagi. Keberadaan Teater Hampa Indonesia adalah hasil dari bentuk proses belajar bersama para mahasiswa faktor eksistensi Teater Hampa Indonesia ditentukan dari keorganisasian dan kekaryaan yang sudah diatur dalam AD/ART.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Ilmu Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/91478

Actions (login required)

View Item View Item