Pertimbangan perluasan wilayah kekuasaan Dyah Balitung di Jawa bagian timur (820-832 saka) / Ahmad Sirojul Munir - Repositori Universitas Negeri Malang

Pertimbangan perluasan wilayah kekuasaan Dyah Balitung di Jawa bagian timur (820-832 saka) / Ahmad Sirojul Munir

Munir, Ahmad Sirojul (2019) Pertimbangan perluasan wilayah kekuasaan Dyah Balitung di Jawa bagian timur (820-832 saka) / Ahmad Sirojul Munir. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Munir Ahmad Sirojul. 2018. Pertimbangan Perluasan Wilayah Kekuasaan Dyah Balitung di Jawa bagian Timur (820-832saka). Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing 1) Drs. Ismail Lutfi M.A. 2) Dr. Blasius Suprapta M. Hum. Kata Kunci Dyah Balitung wanua geopolitik. Skripsi ini membahas tentang pertimbangan perluasan wilayah kekuasaan Dyah Balitung di Jawa bagian timur (820-832 Saka). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan prasasti-prasasti masa Dyah Balitung di Jawa bagian timur. Prasasti masa Dyah Balitung di Jawa bagian timur menyebutkan wanua- wanua yang merupakan indikator luas wilayah kekuasaan Dyah Balitung di Jawa bagian timur (820-832 Saka). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana kondisi umum Jawa bagian timur pada abad IX-XIV Masehi 2) Dimana lokasi wanua Dyah Balitung di Jawa bagian timur 820-832 Saka 3) Bagaimana pertimbangan perluasan wilayah kekuasaan Dyah Balitung di Jawa bagian timur 820-832 Saka Penelitian ini menggunakan kajian pustaka konsep kekuasaan pendekatan toponimi dalam sejarah dan penataan wilayah kerajaan mataram kuno berdasarkan sumber data tertulis. Metode penulisan dalam penelitian ini menggunakan penelitian sejarah menurut Kuntowijoyo (2013) dan didukung dengan metode penelitian sejarah menurut Soedjatmoko (1995). Namun selain dihadapkan dengan sumber data tekstual peneliti juga dihadapkan dengan data arkeologi sehingga penelitian ini juga menggunakan metode penelitian arkeologi (Sukendar dkk 1999). Pengumpulan data dilakukan dengan cara library research dan observasi. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah transkripsi prasasti Dyah Balitung di Jawa bagian timur. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut 1) Kondisi Jawa bagian timur mendukung tumbuhnya peradaban besar. Terutama di sekitar lembah Bengawan Solo dan Bengawan Brantas. Kedua bengawan tersebut menjadi penopang kelangsungan pertanian perdagangan dan ketahanan pemukiman disekitarnya. Serta kebijakan Raja Dyah Balitung pada masa pemerintahannya di Jawa bagian timur meliputi kebijakan terkait aspek agama kebijakan terkait ekonomi dan kebijakan politik. 2) wanua Dyah Balitung di Jawa bagian timur berjumlah 43 wanua dan hanya beberapa yang dapat diidentifikasi keberadaannya saat ini serta pola sebaran wanua masa Dyah Balitung di Jawa bagian timur mengikuti aliran Sungai Brantas. 3) pertimbangan yang melatarbelakangi perluasan wilayah kekuasaan Dyah Balitung di Jawa bagian timur yakni pertimbangan ekonomi pertimbangan religi dan pertimbangan geopolitik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Ilmu Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Feb 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/91412

Actions (login required)

View Item View Item