Musik dangdut di Malang: kajian sarana sosialisasi dan pemanfaatannya (2001-2017) / Ahmad Kurniawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Musik dangdut di Malang: kajian sarana sosialisasi dan pemanfaatannya (2001-2017) / Ahmad Kurniawan

Kurniawan, Ahmad (2018) Musik dangdut di Malang: kajian sarana sosialisasi dan pemanfaatannya (2001-2017) / Ahmad Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kurniawan Ahmad. 2017. Musik Dangdut di Malang Kajian Sarana Sosialisasi dan Pemanfaatannya (2001-2017). Skripsi Program Studi Ilmu Sejarah Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Yuliati M.Hum. (II) Drs. Ismail Lutfi M.A. Kata Kunci Musik Dangdut Sarana Sosialisai Malang. Kajian mengenai musik dangdut di Malang masih belum banyak diteliti. Berkaitan dengan itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sarana dan sosialisasi pemanfaatan musik dangdut di Malang. Dangdut di Malang tidak bisa berkembang pesat akan tetapi dangdut masih banyak diminati oleh masyarakat Malang dan dapat dijadikan sebagai hiburan alternatif. Hal ini dapat dilihat dari seringnya pertunjukan dangdut yang diselenggarakan untuk acara hajatan baik acara hajatan kecil sampai acara hajatan besar yang diadakan di Malang baik itu dalam rangka peringatan HUT TNI pemilu (pemilihan umum) dan pesta pernikahan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan sarana sosialisai musik dangdut dan pemanfaatannya dalam berbagai moment di Kota Malang dari tahun 2001- 2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah. Metode tersebut terdiri dari empat tahap yaitu heuristik kritik interpretasi dan historiografi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah pertama dangdut pada awalnya identik dengan masyarakat golongan bawah tetapi dalam perkembangan dangdut lambat laun mulai dikenal dan diminati oleh masyarakat golongan menengah ke atas. Dangdut mempunyai kedudukan yang bagus di antara musik lainnya yang diminati masyarakat Malang. Hal ini dapat diketahui dengan adanya Rasa Cinta Karaoke (karaoke yang didalamnya terdapat live musik dangdut) Radio Gitalokaswara (radio yang menyiarkan musik dangdut) Saudara New Pallapa Malang (pengemar OM New Pallapa yang berasal dari Malang) Merry Andini (penyanyi dangdut di Malang) Novelly Gat Mellisa (Novel KondangIn yang berasal dari Kota Batu) dan Organ Tunggal Malang (Organ Tunggal yang membawakan musik dangdut). Kedua pemanfaatan musik dangdut dalam berbagai moment diantaranya khitanan (sunatan) pernikahan pemilu ulang tahun dan peringatan tahun baru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Ilmu Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Feb 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/91407

Actions (login required)

View Item View Item