Perjuangan Kesatuan Mobilisasi Pelajar (MOBPEL) dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia di Karesidenan Madiun (1948-1949) / Bagus Ninar S. - Repositori Universitas Negeri Malang

Perjuangan Kesatuan Mobilisasi Pelajar (MOBPEL) dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia di Karesidenan Madiun (1948-1949) / Bagus Ninar S.

Ninar S., Bagus (2017) Perjuangan Kesatuan Mobilisasi Pelajar (MOBPEL) dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia di Karesidenan Madiun (1948-1949) / Bagus Ninar S. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ninar Bagus. 2016. PerjuanganKesatuanMobilisasiPelajar (Mobpel) dalamMempertahankanKemerdekaan Indonesia di KaresidenanMadiun (1948-1949).SkripsiJurusanIlmuSejarah. FakultasIlmuSosial UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Dr. R. Reza Hudiyanto M Hum. (2) Dr. Ari Sapto M.Hum. Kata Kunci PerangKemerdekaanKaresidenanMadiun MobilisasiPelajar Pasukan pelajar merupakan salah satu pasukan penting dalam masa revolusi fisik. Salah satu pasukan pelajar tersebut adalah Mobilisasi Pelajar (Mobpel). Karesidenan Madiun merupakan salah satu kota yang memiliki pasukan Mobpel yang berperan dalam menghadapi Belanda secara gerilya pada masa revolusi fisik. Tujuanpenelitianiniadalahuntuk (1)mendeskripsikanlatarbelakangterbentuknyaMobilisasiPelajar di KaresidenanMadiun (2) mendeskrisipkanwujudperjuanganMobilisasiPelajar di KaresidenanMadiun (3) mendeskripsikanakhirMobilisasiPelajar Penelitianinimenggunakanmetodehistoris.Langkah-langkah yang ditempuhadalahpemilihantopik heuristik kritik interpretasidanhistoriografi.Dalampenelitianini jugadigunakanwawancarasebagaisalahsatuupayamelengkapidanmembandingkan data mengenaiperananMobpel di KaresidenanMadiun Hasil yang diperolehdaripenelitianini yiatu Pertama PembentukanMobpeldilakukanuntukmenambahtentarapelajardiluar TRIP dan TGP. AnggotaMobpelmerupakanpelajar SMP-SMA.Mobpelmemilikistrukturkomandoberdasarkan pembagian teritorial militer tempatbertugasnya.Kedua Mobpelterlibatperjuangansecarasipildanmiliter.Ketiga DemobilisasimenandaiakhirdarimasatugasanggotaMobpel.Pemerintah Indonesia membayargantirugipengorbanananggotaMobpelsertapasukantentarapelajar lainsecarakeseluruhanmelalui program demobilisasitentarapelajar. Berdasarkanpenelitian yang telahdilaksanakan saran yang diberikanadalahperlunyakembalipenlitianlanjutanmengenaitentarapelajar.Penelitian lanjutan ini berguna untuk dapat melengkapi sejarah perjuangan tentara pelajar Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Ilmu Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Mar 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/91388

Actions (login required)

View Item View Item