Komunitas cina muslim Desa Dungkek, Kabupaten Sumenep (1966-1998) / Yunita Heksa Erawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Komunitas cina muslim Desa Dungkek, Kabupaten Sumenep (1966-1998) / Yunita Heksa Erawati

Erawati, Yunita Heksa (2012) Komunitas cina muslim Desa Dungkek, Kabupaten Sumenep (1966-1998) / Yunita Heksa Erawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Komunitas Cina Muslim Desa Dungkek Komunitas merupakan satuan kelompok yang hidup berinteraksi dalam suatu daerah tertentu salah satunya adalah komunitas Cina. Untuk bertahan hidup komunitas Cina perlu adanya suatu pembauran yaitu dengan beragama Islam. Di Madura komunitas Cina muslim banyak ditemukan Sumenep khususnya di Desa Dungkek. Adapun faktor-faktor penggerak komunitas Cina menjadi Islam adalah (1) Lingkungan (2) pendidikan (3) kemauan sendiri dan (4) perkawinan. Dalam penelitian ini berawal tahun 1966 adalah awal dari berdirinya Orde Baru banyak peraturan pemerintah yang mengangkat masalah asimilasi dianggap diskriminasi dan merupakan suatu pemaksaan bagi etnis Cina. Tahun 1998 menjadi batas akhir karena berakhirnya pemerintahan Orde Baru berakhir pula peraturan-peraturan bagi etnis Cina berpengaruh pada kembalinya hak-hak etnis Cina di bidang politik sosial maupun budaya. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan gambaran umum kondisi Desa Dungkek (2) untuk mendeskripsikan Islamisasi Cina Dungkek (3) untuk mendeskripsikan kehidupan sosial budaya Cina Dungkek tahun 1966-1998. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memperkaya wawasan tentang sejarah komunitas Cina yang ada di Dungkek tahun 1966-1998. Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian kualitatif historis. Metode penelitian sejarah merupakan sekumpulan prinsip dan aturan sistematis yang dimaksudkan untuk memberi bantuan secara efektif dalam usaha pengumpulan bahan bagi penulisan sejarah menilai secara kritis dan kemudian menyajikan suatu sintesis hasil-hasilnya menjadi suatu cerita sejarah. Adapun prosedur penelitian ini adalah (1) pemilihan topik (2) heuristik (pengumpulan data) (3) kritik (verifikasi) (4) interpretasi (penafsiran) (5) historiografi (6) sistematika penulisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedatangan komunitas Cina ke Dungkek berawal dari pembangunan Masjid dan Keraton Sumenep pada abad ke-17. Pada awalnya mereka datang ke Dungkek hanya untuk mencari bahan baku untuk pembuatan Masjid dan Keraton sehingga daerah yang dijadikan tempat galian batu disebut Dusun Panjurangan yang masih ada sampai sekarang. Dari situlah terjadi interaksi sosial antara pendatang Cina dengan masyarakat setempat sehingga lambat laun banyak orang Cina yang menikah dengan wanita setempat dan beragama Islam karena mayoritas masyarakat Dungkek beragama Islam. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa adanya kenyataan sejarah bahwa komunitas Cina muslim Dungkek merupakan bagian integral dari masyarakat Dungkek karena mereka mempunyai akar sejarah yang sangat panjang di Dungkek yakni sejak abad ke-17. Hasil hubungan kultural antara Cina muslim dengan pribumi telah mengisi khasanah budaya lokal Madura baik dalam bahasa agama sistem kekerabatan dan adat istiadat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Ilmu Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/91363

Actions (login required)

View Item View Item