Perilaku wirausahawan industri kecil sepatu di Desa Jampirogo Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto / Khoirina Khurnia - Repositori Universitas Negeri Malang

Perilaku wirausahawan industri kecil sepatu di Desa Jampirogo Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto / Khoirina Khurnia

Khurnia, Khoirina (2020) Perilaku wirausahawan industri kecil sepatu di Desa Jampirogo Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto / Khoirina Khurnia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Khurnia Khoirina. 2019. Perilaku Kewirausahaan Industri Kecil Sepatu di Desa Jampirogo Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) I Dewa Putu Eskasasnanda S.Ant. M.A (II) Dr. I Nyoman Ruja S.U. Kata Kunci Perilaku Kewirausahaan Industri Kecil Industri kecil merupakan salah satu alternatif bagi masyarakat untuk mencari pekerjaan atau mata pencaharian. Kabupaten Mojokerto merupakan kawasan yang sebagian besar pendapatannya disumbangkan oleh kegiatan perindustrian dan perdagangan. Salah satu produk industri kecil yang menjadi unggulan di Kabupaten Mojokerto adalah industri kecil sepatu. Industri kecil sepatu banyak berpusat di beberapa wilayah salah satunya di Desa Jampirogo Kecamatan Sooko. Dalam hal pengembangan industri kecil perlu diterapkan perilaku kewirausahaan yang baik agar memperoleh hasil yang maksimal dan mencapai target yang diharapkan. Berdasarkan pemaparan diatas maka tujuan dalam penelitian ini penelitian adalah (1) Menganalisis sejarah wirausahawan memulai industri kecil sepatu di Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto (2) Menganalisis faktor-faktor pendukung keberadaan industri kecil sepatu di Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto (3) Menganalisis perilaku wirausahawan dalam menjalankan industri kecil sepatu di Desa Jampirogo Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini menempatkan peneliti sebagai instrumen utama dalam pengumpulan data. Lokasi penelitian berada di Desa Jampirogo Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto. Data diperoleh dari data primer dan data sekunder. Informan dalam penelitian ini terdiri dari informan kunci dan informan pendukung. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian yaitu observasi wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Tahap penelitian yang dilakukan yaitu tahap persiapan pelaksanaan dan pelaporan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil yaitu (1) sejarah wirausahawan memulai industri kecil sepatu dimulai saat adanya krisis moneter tahun 1998 dan banyak terjadi PHK di beberapa tempat di Kota Mojokerto. (2) faktor-faktor pendukung keberadaan industri kecil sepatu di Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto yaitu permintaan pasar modal bahan baku kualitas ketenagakerjaan dan kemudahan dalam pendistribusian. (3) perilaku wirausahawan industri kecil sepatu di Desa Jampirogo Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto yaitu memiliki sikap tegas dan berani mengambil resiko komunikasi dengan banyak pihak mampu bersaing dengan dunia luar dan perbaikan kualitas produk. Adapun saran bagi peneliti selanjutnya yang akan meneliti terkait industri kecil sepatu di Kabupaten Mojokerto diharapkan menggunakan variabel yang berbeda seperti strategi atau cara mengembangkan usaha kecil agar lebih berkembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/91324

Actions (login required)

View Item View Item