Strategi adaptasi mahasiswi bercadar dalam memperjuangkan hak pendidikan di kampus Universitas Negeri Malang / Yahya Abdurrohman - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi adaptasi mahasiswi bercadar dalam memperjuangkan hak pendidikan di kampus Universitas Negeri Malang / Yahya Abdurrohman

Abdurrohman, Yahya (2019) Strategi adaptasi mahasiswi bercadar dalam memperjuangkan hak pendidikan di kampus Universitas Negeri Malang / Yahya Abdurrohman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Abdurrohman Yahya. 2019. Strategi Adaptasi Mahasiswi Bercadar Dalam Memperjuangkan Hak Pendidikan di Kampus Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Sosiologi Program Studi Pendidikan Sosiologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Abdul Latif Bustami M.Si. Kata Kunci Adaptasi Mahasiswi Bercadar Pendidikan Individu bercadar merupakan fenomena sosial yang terjadi di beberapa negara salah satunya yaitu Indonesia. Cadar merupakan pakaian yang menutupi seluruh bagian tubuh kecuali mata penggunanya. Pakaian ini umum dikenakan di negara timur tengah namun tidak di Indonesia. Di Indonesia pengguna cadar dianggap aneh dan berbeda karena kurang sesuai dengan norma dan budaya masyarakat Indonesia. Pengguna cadar banyak dikaitkan dengan terorisme sehingga semakin banyak presepsi buruk yang ditujukan. Hal ini mengakibatkan banyak masyarakat Indonesia takut dan waspada. Dalam beberapa tahun ini pengguna cadar mulai mengeksistensikan dirinya di masyarakat dalam berbagai bidang misalnya dalam bidang pendidikan. Pendidikan merupakan hak bagi seluruh warga negara Indonesia baik itu laki-laki maupun perempuan. Sehingga pengguna cadar di Indonesia juga memiliki hak dan perlakuan yang sama dalam menempuh pendidikan. Rumusan masalah dalam penelitian ini bertujuan untuk mendeskrisikan dan menganalisis (1)Keberadaan mahasiswi bercadar di Universitas Negeri Malang (2)Faktor penyebab dan motivasi mengenakan cadar (3)Strategi adaptasi yang dilakukan mahasiswi bercadar di Universitas Negeri Malang untuk mendapatkan hak pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan prosedur pengumpulan data dengan observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles and Huberman. Teori yang digunakan adalah Teori Identitas Sosial Henri Tajfel Teori Pilihan Rasional Coleman dan Dalil dalam Islam. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Mahasiswi bercadar yang berada di Universitas Negeri Malang merupakan mahasiswi yang terdaftar dan aktif di tandai dengan adanya KTM (kartu tanda mahasiswa) dan aktif dalam perkuliahan.(2)Mahasiswi bercadar di Universitas Negeri Malang memiliki penyebab dan motivasi mengenakan cadar dari keluarga lingkungan belajar teman atau kekasih dan kesadaran diri sendiri (3)Strategi adaptasi yang dilakukan mahasiswi bercadar dalam mendapatkan hak pendidikan saat berada di lingkungan yang kurang mendukung penggunaan cadar adalah dengan mengenakan masker sebagai pengganti cadar. Saran dalam penelitian ini adalah (1)Bagi jurusan Sosiologi agar terus mengkaji penelitian ini untuk mendapatkan informasi dan menambah wawasan ilmu pengetahuan. (2)Bagi masyarakat lebih mengerti dan menambah sikap toleran. Sehingga dapat menjadi masyarakat yang harmonis dan saling menghargai satu sama lain. (3)Bagi mahasiswi bercadar lebih mengenalkan diri dalam lingkungan agar tercipta hubungan yang harmonis dan menjadikan penelitian ini sebagai tambahan ilmu dan wawasan. Sehingga dapat membantu dalam kehidupan didalam kampus dan luar kampus. (4)Bagi Peneliti selanjutnya agar melanjutkan dengan fokus yang berbeda sehingga pengetahuan tentang mahasiswi bercadar ini dapat semakin dalam dan bisa memperkaya khasanah keilmuan dibidangnya

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/91137

Actions (login required)

View Item View Item