Kusniasari, Afriska (2019) Rekacipta oleh sanggar Dhodhog Sadjiwo Jati untuk mempertahankan Reyog Kendang Tulungagung / Afriska Kusniasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Kusniasari Afriska. 2019. Rekacipta oleh Sanggar Dhodhog Sadjiwo Jati untuk Mempertahankan Reyog Kendang Tulungagung. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Sosiologi Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. H. Abdul Latif Bustami M.Si Kata Kunci Rekacipta Sanggar Dhodhog Reyog Kendang Penelitian ini datang dari ketertarikan penulis terhadap sanggar Dhodhog Sadjiwo Jati Tulungagung dalam melakukan rekacipta pada kesenian Reyog Kendang Tulungagung. Rekacipta merupakan proses perubahan yang diinginkan penamabhan kreasi baru tanpa meninggalkan yang sudah ada. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses rekacipta yang dilakukan oleh sanggar Dhodhog Sadjiwo Jati dalam mempertahankan kesenian Reyog Kendang Tulungagung (2) Bagaimana hasil dari rekacipta yang dilakukan oleh sanggar Dhodhog Sadjiwo Jati dalam mempertahankan kesenian Reyog Kendang Tulungagung Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan mengambil lokasi penelitian di sanggar Dhodhog Sadjiwo Jati Tulungagung. Subyek penelitian ini adalah Pak Siswoyo selaku pimpinan sanggar beserta keluarga yang mengelola sanggar meliputi Bu Eni Mbak Yuyun Mbak Lili Mas Naryo penari Reyog Kendang yaitu Elika dan Pandu pihak Dinas Kebudayaan Pariwisata Kabupaten Tulungagung. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pendekatan kualtitaif dengan melalui tahap-tahap teknis analisis data yang meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Proses rekacipta yang dilakukan oleh sanggar Dhodhog Sadjiwo Jati diawali dengan adanya kekhawatiran Pak Siswoyo dengan keberlanjutan kesenian Reyog Kendang ini yang memunculkan gagasan untuk melakukan beberapa perubahan dan kreasi atau disebutnya rekacipta. Pertama melakukan musyawarah dengan anggota keluarganya yang ikut mengelola sanggar berlanjut membicarakannya dengan pihak Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tulungagung. AKhirnya semua pihak menyetujui dengan adanya rekacipta tersebut. Rekacipta ini juga dilatarbelakangi oleh adanya kegiatan Muri pada tahun 2015. Adanya rekacipta ini berhasil membawa kesenian Reyog Kendang Tulungagung masuk dalam Rekor Muri pada November 2015. (2) Hasil rekacipta yang dilakukan oleh sanggar Dhodhog Sadjiwo Jati untuk mempertahankan Reyog Kendang Tulungagung ini meliputi beberapa bidang dari penampilan seni fungsi seni konsumen seni dan pelaku seni. Dari penampilan seni terdiri dari gerakan kostum dan musik kreasi gerakan mengangkat kendang mengayunkan tangan kanan ke kiri dank e kanan menganggukkan kepala pertanda memberikan hormat. Pada bagian kostum ada rekacipta pada bagian kepala dengan tambahan bunga-bunga di belakang samping sanggul bulu-ulu warna di depan kepala penggantian sumping dengan anting pada penari putri penambahan semblok yang ukurannya lebih besar di bagian dada penambahan ilat bahu di bagian lengan kanan dan kiri serta kreasi warna baju penari menjadi warna merah. Penambahan lagu selingan seperti Kutho Rowo Tulungagung Bersinar pada bidang musiknya. Pelaku seni berubah dari laki-laki menjadi perempuan meski masih ditemukan penari laki-laki. Konsumen seni cakupannya semakin luas tidak hanya golongan tua saja namun juga merambah ke generasi-generasi muda yang terlibat sebagai pelaku seni. Fungsi seni berubah dari yang untuk mengiringi tamu agung sekarang difungsikan untuk acara hajatan dan ditampilkan di purnawiyata sekolah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Sosiologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 May 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/91074 |
Actions (login required)
View Item |