Sadewo, Saif Ali Akbar (2018) Pengaruh penggunaan media audible ball terhadap permainan olahraga sepak bola untuk anak tunanetra SMP-YPAB Surabaya / Saif Ali Akbar Sadewo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Sadewo Saif Ali Akbar. 2018. Pengaruh Penggunaan Media Audible Ball Terhadap Permainan Olahraga Sepak Bola Untuk Anak Tunanetra SMP-YPAB Surabaya. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Ir. Endro Wahyuno M.Si (2) dr. Agung Kurniawan M.Kes. Kata kunci Tunanetra Media Audible Ball Kemampuan Bermain Sepak Bola. Anak tunanetra adalah anak yang mengalami gangguan penglihatan yang sangat kompleks yang mencakup bidang visual interaksi sosial emosi dan orientasi mobilitas. Tunanetra mengalami hambatan belajar orentasi dengan lingkungan sekitar yang mengakibatkan dampak-dampak tertentu salah satunya hambatan dalam berolahraga sepak bola pada siswa tunanetra sehingga diperlukannya metode untuk membantu anak dalam mengemukakan keinginannya. Anak membutuhkan alat bantu dan media yang khusus dalam mengembangkan kemampuan bermain sepak bola terutama dalam kemampuan teknik dalam sepak bola. Salah satu metodenya dan medianya yaitu melalui tes praktek serta menggunakan media audible ball. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan tentang kemampuan bermain sepak bola anak tunanetra di SMP YPAB Surabaya sebelum diberikan media audible ball. (2) Mendeskripsikan tentang kemampuan bermain sepak bola anak tunanetra di SMP YPAB Surabaya sesudah diberikan intervensi tes praktek dan media audible ball. (3) Mendeskripsikan pengaruh media audible ball terhadap kemampuan bermain sepak bola anak tunanetra di SMP YPAB Surabaya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Single Subject Research dengan desain A-B-A. Subjek penelitian adalah anak tunanetra kelas VII SMP YPAB Surabaya. Instrumen penelitian ini menggunakan yang berisikan tentang kemampuan bermain sepak bola anak berdasarkan tes dan praktek fase 1 sampai 10 dengan menggunakan kriteria penilaian skor maksimal adalah 4 dan 1 adalah skor minimal. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis visual dalam bentuk grafik data antar kondisi dan dalam kondisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media audible ball berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan bermain sepak bola anak tunanetra di SMP YPAB Surabaya. Hal ini ditunjukkan dengan presentase overlap 0% yang berarti bahwa intervensi berupa media audble ball memiliki pengaruh yang baik terhadap kemampuan bermain sepak bola anak tunanetra di SMP YPAB Surabaya. Selain itu hasil analisis data menunjukan kemampuan komunikasi anak autis mengalami peningkatan pada kondisi Baseline-2 (A2) atau kondisi kontrol yaitu skor stabil 70 0% skor tersebut ii lebih tinggi dari kondisi Baseline-1 (A1) atau kondisi sebelum diberikan intervensi dengan skor stabil 50 00%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media audible ball terdapat pengaruh terhadap peningkatan kemampuan bermain sepak bola anak tunanetra di SMP YPAB Surabaya. Saran yang dapat diberikan adalah (1) Bagi sekolah disarankan untuk memberikan jam khusus setiap harinya untuk memberikan latihan atau jadwal pada anak tunanetra olahraga sepak bola agar kemampuan bermain sepak bola anak meningkat baik olahraga sepak bola menyenangkan maupun mendidik.(2) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian menggunakan media audible ball yang berbeda untuk meningkatkan kemampuan bermain sepak bola dan teknik bola anak tunanetra. .
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Sep 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/9072 |
Actions (login required)
View Item |