Pengaruh metode APS (Alphabetic Phonic Syllabic) terhadap kemampuan membaca permulaan siswa tunarungu kelas III SDLBN Kedungkandang Malang / Lita Aslama - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode APS (Alphabetic Phonic Syllabic) terhadap kemampuan membaca permulaan siswa tunarungu kelas III SDLBN Kedungkandang Malang / Lita Aslama

Aslama, Lita (2018) Pengaruh metode APS (Alphabetic Phonic Syllabic) terhadap kemampuan membaca permulaan siswa tunarungu kelas III SDLBN Kedungkandang Malang / Lita Aslama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aslama Lita. 2018. Pengaruh Metode APS (Alphabetic Phonic Syllabic) TerhadapKemampuan Membaca Permulaan Siswa Tunarungu Kelas III SDLBN Kedungkandang Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Abdul Huda M.Pd (II) Sopingi S.Sos M.Pd. Kata Kunci Metode Alphabetic Phonic Syllabic Membaca Permulaan Tunarungu Tunarungu adalah suatu keadaan dimana seseorang mengalami hambatan dalam mendengar akibat adanya kerusakan dalam organ pendengaran. Hambatan pendengaran mengakibatkan seorang tunarungu terhambat dalam perolehan bahasa. Diperlukan metode tertentu untuk membantu siswa dalam pemerolehan bahasa khususnya membaca permulaan. Metode APS(Alphabetic Phonic Syllabic) merupakan metode pengajaran membaca permulaan yang dimulai dari bentuk khusus ke umum. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan kemampuan membaca permulaan siswa tunarungu kelas III SDLBN Kedungkandang Malang sebelum diterapkan metode Alphabetic Phonic Syllabic (2) Mendeskripsikan kemampuan membaca permulaan siswa tunarungu kelas III SDLBN Kedungkandang Malang setelah diterapkan metode Alphabetic Phonic Syllabic (3) Mendeskripsikan pengaruh penggunaan metode Alphabetic Phonic Syllabic terhadap kemampuan membaca permulaan siswa tunarungu kelas III SDLBN Kedungkandang Malang. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Pre-Experimental Design dengan desain Pre-Test And Post-Test. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 5 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar pengamatan kemampuan membaca permulaan . Instrumen berupa soal tes. Perolehan data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan Paired Sample T-Test menunjukkan nilai Sig (2-tailed) 0 003 0 05 artinya hopotesis nol(H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Alphabetic Phonic Syllabic berpengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan siswa tunarungu kelas III SDLBN Kedungkandang Malang. Saran bagi guru agar menggunakan media yang menarik saat menggunakan metode Alphabetic Phonic Syllabic dalam pembelajaran membaca permulaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9070

Actions (login required)

View Item View Item