Puspasari, Asri Dwi (2018) Pengaruh permainan media jam analogi terhadap kemampuan mengenal satuan waktu anak tunagrahita ringan ringan SLBS BCG Idayu 1 Malang / Asri Dwi Puspasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Puspasari. Asri Dwi 2018. Pengaruh Permainan Media Jam Analog Terhadap Kemampuan Mengenal Satuan Waktu Anak Tunagrahita Ringan SLBS BCG Idayu 1 Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs M. Shodiq A.M M.Pd (II) Drs. Ahmad Samawi M.Hum. Kata Kunci Tunagrahita Jam Analog Kemampuan Mengenal Satuan Waktu. Anak Tunagrahita adalah anak yang memiliki hambatan dalam intelektualnya. Subjek dalam penelitian ini adalah anak tunagrahita ringan di SLBS BCG Idayu 1 Kota Malang. Konsep mengenal satuan waktu dalam penelitian ini adalah mengenalkan satuan waktu seperti jam menit dan detik dengan tujuan anak bisa membaca jam. Pembelajaran matematika pada anak tunagrahita hendaknya menggunakan media yang dikemas dalam bentuk permainan untuk memudahkan siswa mengenal satuan waktu salah satunya dengan menggunakan permainan media jam analog. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui kemampuan mengenal satuan waktu anak tunagrahita ringan sebelum menggunakan permainan media jam analog (2) mengetahui kemampuan mengenal satuan waktu anak tunagrahita ringan sesudah menggunakan permainan media jam analog (3) mengetahui pengaruh permainan media jam analog terhadap kemampuan mengenal satuan waktu anak tunagrahita ringan SLBS BCG Idayu 1 Kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh anak tunagrahita ringan SLBS BCG Idayu 1 Kota Malang yang berjumlah 6 anak. Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat diketahui (1) kemampuan satuan waktu anak sebelum menggunakan permainan media jam analog dalam kategori kurang dengan rata-rata nilai 53 75 (2) kemampuan sesudah menggunakan permainan media jam analog dalam kategori baik dengan rata-rata nilai 72 91 (3) adanya pengaruh yang signifikan antara penggunaan permainan media jam analog terhadap kemampuan mengenal satuan waktu anak tunagrahita ringan SLBS BCG Idayu 1 Kota Malang. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh permainan media jam analog terhadap kemampuan mengenal satuan waktu anak tunagrahita ringan SLBS BCG Idayu 1 Kota Malang. Berdasarkan hasil yang diperoleh guru dapat menggunakan permainan media jam analog dalam menyampaikan materi mengenal satuan waktu untuk meningkatkan semangat dan antusias siswa dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Sep 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/9068 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |