Nilai pendidikan karakter dalam panil-panil relief Candi Rimbi / Rosida Kusuma Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Nilai pendidikan karakter dalam panil-panil relief Candi Rimbi / Rosida Kusuma Dewi

Dewi, Rosida Kusuma (2020) Nilai pendidikan karakter dalam panil-panil relief Candi Rimbi / Rosida Kusuma Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Dewi Rosida Kusuma. 2019. Nilai Pendidikan Karakter Dalam Panil-Panil Relief Candi Rimbi. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Joko Sayono M.Pd. M.Hum (II) Drs. Ismail Lutfi M.A Kata Kunci Nilai Karakter Panil Relief Candi Rimbi Di Indonesia saat ini sering terjadi fenomena penurunan karakter pada generasi muda. Untuk memperbaiki karakter tersebut diperlukan sumber belajar yang mengarah pada pendidikan karakter. Dalam relief candi banyak menceritakan tentang kisah-kisah yang memiliki moral value. Nilai-nilai moral yang terdapat dalam relief candi dapat digunakan sebagai sumber belajar. Melalui pembelajaran sejarah di kelas peserta didik dapat mengaji nilai-nilai moral dan pendidikan yang kemudian dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu peninggalan masa lampau yang bisa di ambil sebagai nilai moral adalah relief yang terpahaatkan di Candi Rimbi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai karakter apa saja yang terdapat pada panil relief Candi Rimbi. Metode yang digunakan dalam penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Data yang diperoleh dari penelitian ini berupa data primer dan sekunder dengan prosedur pengumpulan data melalui observasi dan studi pustaka. Analisis data menggunakan teknik analisis model Miles Huberman yang terdiri dari reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dengan melakukan triangulasi. Tahapan penelitian ada 3 yaitu Tahap persiapan tahap pelaksanaan penelitian tahap laporan hasil penelitian Hasil penelitian menujukkan bahwa cerita yang terdapat pada panil Candi Rimbi merupakan kisah kehidupan sehari-hari msyarakat setempat pada zaman Majapahit. Meskipun bukan relief naratif relief yang terpahatkan pada Candi Rimbi juga memiliki moral value yang dapat diterapkan pada pendidikan atau masyarakat umum dalam bentuk kajian pendidikan karakter. Nilai pendidikn karakter tersebut diharapkan dapat mengembangkan moral yang baik untuk generasi muda. Dari 18 nilai karakter yang ada terdapat 7 nilai karakter yang dapat digunakan sebagai kajian pendidikan karakter diantaranya adalah nilai religius peduli sosial bersahabat kerja keras peduli lingkungan kreatif cinta tanah air.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/90586

Actions (login required)

View Item View Item