Pengaruh Pembelajaran Berbasis Teori Van Hiele Terhadap Pemahaman Bangun Geometri Anak Tunanetra Netra Di SDLB Negeri Kedungkandang Malang / Rusdiana Indriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh Pembelajaran Berbasis Teori Van Hiele Terhadap Pemahaman Bangun Geometri Anak Tunanetra Netra Di SDLB Negeri Kedungkandang Malang / Rusdiana Indriani

Indriani, Rusdiana (2018) Pengaruh Pembelajaran Berbasis Teori Van Hiele Terhadap Pemahaman Bangun Geometri Anak Tunanetra Netra Di SDLB Negeri Kedungkandang Malang / Rusdiana Indriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Indriani Rusdiana. 2017. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Teori Van Hiele Terhadap Pemahaman Bangun Geometri Anak Tunanetra Netra Di SDLB Negeri Kedungkandang Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Mohammad Efendi M.Pd M. Kes (II) Drs. Sihkabuden M.Pd. Kata Kunci Teori Van Hiele Pemahaman Geometri Bangun Datar Tunanetra Tunanetra merupakan anak yang memiliki hambatan pada indera penglihatan. Tunanetra dibagi menjadi dua yaitu buta total yang dalam pembelajarannya diajarkan Braille sedangkan kurang lihat (low vision) dalam pembelajarannya perlu modifikasi khusus karena penglihatan sentral yang dimiliki antara 20/70 atau 20/200 feet. Anak tunanetra mendapatkan informasi dari lisan dan taktil karena hambatan yang dimiliki tersebut berpengaruh pada pemahaman persepsi dan mengenal bangun . Metode Van Hiele merupakan metode yang mampu melatih mengembangkan pemahaman siswa dengan beberapa langkah berdaskan tingkatannya. Sehingga dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami geometri (dua dimensi/bangun datar). Tujuan Penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kemampuan siswa tunanetra SDLB Kedungkandang Malang dalam mengenal bangun datar geometri sebelum menggunakan teori Van Hiele. (2) Untuk mengetahui kemampuan siswa tunanetra di SDLB Kedungkandang Malang dalam mengenal bangun datar geometri sesudah menggunakan teori Van Hiele. (3) Untuk mengetahui adanya perbedaan kemampuan mengenal bangun datar geometri sebelum dan sesudah menggunakan teori Van Hiele pada siswa tunanetra kelas V di SDLB Negeri Kedungkandang Malang. Penelitian ini menggunakan rancanangan penelitian Quasi Eksperimen Design menggunakan metode penelitian One Grup Pre Test Post Test Design. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDLB Negeri Kedungkandang Malang yang berjumlah 7 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan tes berupa butir soal pilihan ganda dan esai. Analisis menggunakan Uji t. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata yang diperoleh pada pre-test sebesar 49 8 dan nilai rata-rata yang diperoleh setelah diberikan perlakuan (treatment) meningkat meningkat sebesar 68.1. Dapat diketahui bahawa dari perhitungan tersebut adanya pengaruh penggunaan metode Van Hiele terhadap kemampuan mengenal geometri bangun datar. Adapun saran yang diberikan bagi guru dalam penelitian ini adalah menggunakan metode Van Hiele bisa menjadi pilihan alternative karena pembelajarannya memiliki tingkatan-tingkatan sesuai tingkatan berpikir siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9048

Actions (login required)

View Item View Item