Pengembangan multimedia interaktif untuk mebaca permulaan pada siswa tunarungu kelas I di SLB Eka Mandiri Batu / Khanif Thoifatul Maulidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif untuk mebaca permulaan pada siswa tunarungu kelas I di SLB Eka Mandiri Batu / Khanif Thoifatul Maulidah

Maulidah, Khanif Thoifatul (2018) Pengembangan multimedia interaktif untuk mebaca permulaan pada siswa tunarungu kelas I di SLB Eka Mandiri Batu / Khanif Thoifatul Maulidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Maulidah Khanif Thoifatul. 2018. Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Membaca Permulaan Pada Siswa Tunarungu Kelas I di SLB EKA MANDIRI BATU. Skripsi Program Studi S1 Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Moh. Efendi M.Pd M.Kes (II) Sihkabuden M.Pd. Kata Kunci Tunarungu Multimedia Interaktif Membaca Permulaan. Tunarungu adalah anak yang mengalami hambatan dalam pendengaran. Hambatan pendengaran yang dimilikinya mengakibatkan anak tunarungu mengalami hambatan bahasa dalam menerima informasi dari luar. Oleh karena itu anak tunarungu sangat membutuhkan media interaktf dalam membaca permulaan untuk menerjemahkan dan memudahkan pemahaman siswa yang disesuaikan dengan kebutuhannya. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengembangkan produk yang berupa multimedia interaktif untuk membaca permulaan pada siswa kelas I yang teriri dari pengenalan huruf abjad dan huruf SIBI (Sistem Isyarat Bahasa Indonesia) yang disertai dengan cara pengucapannya yang disesuaikan dengan kebutuhan anak tunarungu. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode Lee Owens (2004) yang terdiri dari (a) assesment/analysis (b) design (c) development (d) implementation dan (e) evaluation. Validasi prosuk dilakukan melalui penilaian dari (a) ahli media (b) ahli materi dan (c) ahli praktisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor yang diperoleh dari validasi ahli media adalah 94% skor validasi ahli materi 80% dan skor ahli praktisi 80%. Sedangkan hasil uji coba lapangan memperoleh skor 100% yang mencapai KKM dengan kualifikasi sangat efektif. Kesimpulan berdasarkan data tersebut pengembangan multimedia interaktif untuk membaca permulaan pada siswa tunarungu kelas i di SLB EKA MANDIRI BATU dinilai cukup valid dan sangat efektif digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka saran yang diharapkan untuk peneliti selanjutnya adalah mengembangkan media pembelajaran pada kompetensi materi selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9041

Actions (login required)

View Item View Item