Pengaruh media permainan puzzle book terhadap kemampuan mengenal bangun datar pada peserta didik tunagrahita ringan kelas 3 di SDLB Sumber Dharma Malang / Aisyah Apriliasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh media permainan puzzle book terhadap kemampuan mengenal bangun datar pada peserta didik tunagrahita ringan kelas 3 di SDLB Sumber Dharma Malang / Aisyah Apriliasari

Apriliasari, Aisyah (2018) Pengaruh media permainan puzzle book terhadap kemampuan mengenal bangun datar pada peserta didik tunagrahita ringan kelas 3 di SDLB Sumber Dharma Malang / Aisyah Apriliasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Apriliasari Aisyah 2017. Pengaruh Media Permainan Puzzle Book Terhadap Kemampuan Mengenal Bangun Datar Peserta Didik Tunagrahita Ringan Kelas 3 di SDLB Sumber Dharma Malang. Skripsi. Jurusan S1 Pendidikan Luar Biasa. Fakurtas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Drs. M. Shodiq AM M.Pd (2) Drs. Ahmad Samawi M.Hum. Kata kunci Permainan Puzzle Book Tunagrahita Ringan Kemampuan Mengenal Bangun Datar Anak tunagrahita kelas 3 SDLB Sumber Dharma Malang dalam kegiatan pembelajaran matematika bangun datar diketahui bahwa siswa kurang memahami bentuk dari bangun datar (lingkaran persergi segitiga dan jajargenjang) dan siswa sering merasa bosan. Untuk mengatasi permasalah tersebut peneliti memanfaatkan media permainan puzzle book. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan pengaruh pemainan puzzle book terhadap kemampuan mengenal bangun datar anak Tunagrahita Ringan kelas 3 di SDLB Sumber Dharma Malang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen One Group Pretest-Posttest Design dengan sampel sebanyak 5 peserta didik tunagrahita ringan kelas 3 SDLB Sumber Dharma Malang yang bertujuan untuk membandingkan hasil pretest dan posttest. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskripsi. Hasil penelitian menunjukan kemampuan mengenal bangun datar sebelum diberikan permainan puzzle book memperoleh nilai 8804 25 atau dkategori gagal ada 1 siswa dan yang memperoleh nilai 26-50 atau kategori kurang ada 4 siswa. Nilai tertinggi pretest adalah 50 dan nilai terendah pretest adalah 22 2 sedangkan rata-rata yang diperoleh dari nilai pretest ke 5 siswa tunagrahita ringan adalah 35. Setelah diberikannya perlakuan permainan puzzle book siswa memperoleh nilai 51-75 ada 2 siswa dan yang memperoleh nilai 76-100 ada 3 siswa sedangkan rata-rata hasil posttest 88. Dilihat dari rata-rata hasil pretest yaitu 35 ke rata-rata hasil posttest 88 dapat dikatakan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa permainan puzzle book berpengaruh kepada kemampuan mengenal bangun datar anak tunagrahita ringan kelas 3 SDLB Sumber Dharma Malang.Saran dalam penelitian dari penelitian ini untuk kepala sekolah diharapkan dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai acuan untuk mengembangkan media pembelajaran di sekolah. Bagi guru diharapkan untuk menindak lanjuti pemanfaatan media puzzle book untuk menunjang pembelajaran bagi anak tunagrahita ringan. Bagi penelti selanjutnya disarankan dalam pembelajaran matematika materi mengenal bangun datar menggunakan media permainan Puzzle Book dapat digunakan sebagai referensi peneliti selanjutnya dalam melaksanakan penelitian tentang mengenal bangun datar terutama bagi peserta didik tunagrahita ringan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/9006

Actions (login required)

View Item View Item