Pengaruh penggunaan media video adobe premiere pro terhadap pemahaman konsep geografi siswa kelas X di SMA Negeri 2 Tuban / Agung Nugroho - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan media video adobe premiere pro terhadap pemahaman konsep geografi siswa kelas X di SMA Negeri 2 Tuban / Agung Nugroho

Nugroho, Agung (2019) Pengaruh penggunaan media video adobe premiere pro terhadap pemahaman konsep geografi siswa kelas X di SMA Negeri 2 Tuban / Agung Nugroho. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Nugroho Agung. 2019. Pengaruh Penggunaan Media Video Adobe Premiere Pro terhadap Pemahaman Konsep Geografi Siswa Kelas X di SMA Negeri 2 Tuban. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Yusuf Suharto M.Pd (2) Syamsul Bachri S.Si M.Sc. Ph.D. Kata Kunci Media Video Adobe Premiere Pro Pemahaman Konsep Geografi Pendidikan saat ini perlu adanya peningkatan kualitas pembelajaran. Salah satunya meningkatkan kemampuan pemahaman konsep geografi yang perlu dimiliki siswa. Pemahaman konsep geografi dapat diperoleh melalui pembelajaran yang inovatif yang menjadikan siswa mampu mengkonstruksi fakta dilapangan menjadi suatu konsep yang lebih umum dan saling berhubungan. Media video dapat menampilkan unsur-unsur yang tidak dapat dilihat secara langsung dengan mata atau yang bersifat abstrak. Dalam memahami konsep geografi siswa membutuhkan media pembelajaran video untuk menampilkan fenomena-fenomena geosfer yang tidak dapat dilihat setiap waktu agar siswa dapat dengan mudah memahami konsep yang disampaikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video Adobe Premiere Pro terhadap pemahaman konsep geografi siswa kelas X di SMA Negeri 2 Tuban. Rancangan penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design yang terdiri dari kelas eksperimen dan kontrol. Subyek penelitian ini yaitu kelas X IPS D yang terdiri dari 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan X IPS C yang terdiri dari 35 siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data pemahaman konsep geografi diperoleh dengan cara diberikan tes. Tes berupa soal objektif sebanyak 25 butir dan soal essay 5 butir. Pembuatan instrumen tes dikembangkan dari kisi-kisi tes pemahaman konsep yang meliputi beberapa aspek.Teknik analisis data menggunakan SPSS 16.0 for windows. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa H0 ditolak H1 diterima yang artinya penggunaan media video Adobe Premiere Pro berpengaruh terhadap pemahaman konsep geografi siswa kelas X di SMA Negeri 2 Tuban. Kelas yang menggunakan media video Adobe Premiere Pro memiliki nilai rata-rata (84) lebih tinggi dari kelas yang tidak menggunakan media video Adobe Premiere Pro (73). Penggunaan media video lebih menarik minat siswa dalam pembelajaran dan juga membuat siswa menjadi lebih aktif dan antusias dalam mengikuti pembelajaran. Terjadinya pengaruh di kelas eksperimen disebabkan karena penggunaan media video Adobe Premiere Pro yang dapat melukiskan gambar hidup dan suara memberikan daya tarik tersendiri bagi siswa karena dapat menyajikan informasi memaparkan proses menjelaskan konsep-konsep yang rumit mengajarkan ketrampilan menyingkat atau memperpanjang waktu dan siswa sudah mengerti dengan baik sehingga tidak ditemukan kesulitan dalam pelaksanaan prosedur dalam lembar diskusi siswa. Bagi guru disarankan untuk menggunakan media audio visual pada mata pelajaran geografi yang mampu meningkatkan pemahaman konsep geografi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/89951

Actions (login required)

View Item View Item