Penerapan model pembelajaran inkuiri berbasis outdoor study dalam upaya meningkatkan kemampuan berpikir analitis dan motivasi belajar geografi di SMAN 9 Malang / Rosana Indah Cahyaningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran inkuiri berbasis outdoor study dalam upaya meningkatkan kemampuan berpikir analitis dan motivasi belajar geografi di SMAN 9 Malang / Rosana Indah Cahyaningtyas

Cahyaningtyas, Rosana Indah (2019) Penerapan model pembelajaran inkuiri berbasis outdoor study dalam upaya meningkatkan kemampuan berpikir analitis dan motivasi belajar geografi di SMAN 9 Malang / Rosana Indah Cahyaningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Cahyaningtyas Rosana Indah. 2019. Penerapan Model Inkuiri Berbasis Outdoor Study dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis Dan Motivasi Belajar Geografi di SMAN 9 Malang. Skripsi. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs Hadi Soekamto S.H M.Pd M.Si (2) Purwanto S.Pd M.Si Kata Kunci Model Inkuiri berbasis outdoor study kemampuan berpikir analitis motivasi belajar Siswa kelas X IPS 1 di Sman 9 Malang diketahui memiliki kemampuan berpikir analitiz dan motivasi belajar yang rendah. Rendahnya kemampuan berpikir analitis dapat dilihat dari jawaban tes pada materi pemetaan dari 34 siswa mendapatkan nilai rata-rata 72. Hal tersebut belum memenuhi kriteria KKM yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 75. Sedangkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran geografi yang rendah berdasarkan hasil angket siswa memiliki motivasi belajar yang rendah terhadap mata pelajaran geografi hal ini dapat diketahui dari sikap siswa ketika pembelajaran geografi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir analitis dan motivasi belajar dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri berbasis outdoor study di SMAN 9 Malang. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitiannya adalah kelas X IPS 1 yang berjumlah 34 siswa 2 siklus setiap siklus terdiri dari tujuh langkah proses pembelajaran yang meliputi 1) orientasi 2) merumuskan masalah 3) merumuskan hipotesis 4) perencanaan pengumpulan data melalui observasi yang dilakukan di luar kelas 5) pengumpulan data hasil dari observasi yang dilakukan di luar kelas 6) uji hipotesis dan 7) merumuskan kesimpulan. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu hasil tes kemampuan berfikir analitis dan angket motivasi belajar. Tes kemampuan berpikir analitis dilakukan setelah tindakan siklus I dan siklus II sedangkan angket motivasi belajar dibagikan sebelum tindakan dan setelah tindakan. Instrument berpikir analitisi terdiri dari 4 soal essai dengan 12 poin pertanyaan sedangkan instrument motivasi belajar terdiri dari 20 poin pertanyaan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil kemampuan berfikir analitis dan motivasi belajar siswa kelas X IPS 1 SMAN 9 Malang. Rata-rata nilai kemampuan berpikir analitis siswa pada siklus I adalah 63 dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 83 sehingga mengalami peningkatan 20 dengan presentase sebesar 31 75%. Sedangkan rata-rata skor motivasi belajar geografi pada pra tindakan sebesar 55 sementara pasca tindakan sebesar 71 sehingga mengalami peningkatan sebesar 16 dengan presentase 29 09%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/89947

Actions (login required)

View Item View Item