Kontribusi lingkungan keluarga terhadap kemampuan bahasa oral siswa tunarungu SMPLB-YPTB Malang / Ema Ramdani - Repositori Universitas Negeri Malang

Kontribusi lingkungan keluarga terhadap kemampuan bahasa oral siswa tunarungu SMPLB-YPTB Malang / Ema Ramdani

Ramdani, Ema (2017) Kontribusi lingkungan keluarga terhadap kemampuan bahasa oral siswa tunarungu SMPLB-YPTB Malang / Ema Ramdani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ramdani Ema. 2017. Kontribusi Lingkungan Keluarga Terhadap Kemampuan Bahasa Oral Siswa Tunarungu SMPLB-B YPTB Malang.Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Mohammad Efendi M. Pd M. Kes. (II) Drs.Abdul Huda M. Pd. Kata Kunci peran lingkungan keluarga kemampuan bahasa oral tunarungu Keluarga terlebih orangtua mempunyai peranan yang sangat penting dalam perkembagan dan pendidikan anak di rumah. Perlakuan serta pelayanan yang diberikan orangtua sehari-hari akan berpengaruh pada kemampuan yang dimiliki anak sehingga tanggung jawab orangtua harus dimaksimalkan. Bagi siswa tunarungu perlakuan serta layanan yang diberikan akan mempengaruhi tingkat kemampuan sosialisasinya terlebih kemampuan komunikasinya. Komunikasi menggunakan bahasa oral merupakan suatu teknik komunikasi yang menuntut siswa tunarungu untuk membahasakan kata secara verbal. Kemampuan tersebut diperoleh oleh siswa tunarungu karena adanya dukungan dari lingkungan salah satunya ialah lingkungan keluarga. Adanya peranan serta dukungan orangtua dalam mengembangkan bahasa oral siswa tunarungu di rumah akan meningkatkan kemampuan berkomunikasi mandiri menggunakan bahasa oral di lingkungan lainnya. Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan peran lingkungan keluarga 2) mendeskripsikan kemampuan bahasa oral dan 3) menganalisis kontribusi lingkungan keluarga terhadap keampuan bahasa oral siswa tunarungu di SMPLB-B YPTB Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian korelasional Karl Sperman dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket tertutup yang diberikan kepada orangtua dan guru kelas. Adapun analisis data dilakukan menggunakan analisis korelasi Rank Spearman untuk menemukan korelasi antara kedua variabel. Hasil pengujian yang dilakukan peneliti menunjukkan terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara variabel peran lingkungan keluarga dengan variabel kemampuan bahasa oral. Apabila rs hitung rs tabel maka H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada korelasi positif antara dua variable peran lingkungan keluarga (X) dan kemampuan bahasa oral (Y) karena probabilitas (Sig.2-tailed) 0 000 dengan rs hitung 0 866 dan rs tabel (0 05 22) 0 428. Keluarga hendaknya berperan aktif dalam meningkatkan kemampuan bahasa oral yang dimiliki siswa tunarungu di rumah dengan memaksimalkan peran serta dukungan orangtua sangat mempengaruhi keberhasilan siswa tunarungu dalam mempelajari serta meningkatkan kemampuannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8993

Actions (login required)

View Item View Item