Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir analitis peserta didik kelas X IPS SMA Negeri 1 Sutojayan ditinjau dari minatnya pada mata pelajaran geografi / Liza Nur Avinda - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir analitis peserta didik kelas X IPS SMA Negeri 1 Sutojayan ditinjau dari minatnya pada mata pelajaran geografi / Liza Nur Avinda

Avinda, Liza Nur (2019) Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir analitis peserta didik kelas X IPS SMA Negeri 1 Sutojayan ditinjau dari minatnya pada mata pelajaran geografi / Liza Nur Avinda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Avinda Liza Nur. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Analitis di SMAN 01 Sutojayan Ditinjau dari Minat Belajar Geografi pada Mata Pelajaran Geografi. Skripsi Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Dwiyono Hari Utomo M.Pd M.Si (II) Drs.Rudi Hartono M.Si Kata Kunci Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Kemampuan Berpikir Analitis dan Minat Belajar Model Inkuiri Terbimbing merupakan model yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir analitis dengan cara memberikan langsung kepada peserta didik melalui studi lapangan secara terbimbing. Model tersebut memiliki keunggulan yaitu menjadikan siswa aktif dalam membangun konsep pengetahuannya (2) memberikan pengalaman nyata dalam menumbuhkan kemampuan berpikir analitisnya dan (3) melatih peserta didik berkolaborasi dalam mengembangkan kemampuan berpikir analitis siswa. Peserta didik dengan minat belajar yang tinggi mampu memcahkan masalah lebih baik daripada siswa dengan minat belajar yang rendah. Pada sisi yang lain kemampuan berpikir analitis dan minat belajar peserta didik masih rendah sehingga diperlukan solusi yang terbaik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap kemampuan berpikir analitis di SMAN 01 Sutojayan ditinjau dari minat belajar pada mata pelajaran geografi. Metode pada penelitian ini adalah quasi experiment with pre-test pos-test control group yang termasuk dalam penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah kelas X IPS 2 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan model Inkuiri Terbimbing dan kelas X IPS 5 yang tidak diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian menggunakan esai sejulmah 4 butir yang sudah diuji menggunakan uji validitas dan uji realibilitas pada kelas lain yang tidak menjadi subjek penelitian. Teknik analisis yang digunakan yaitu statistic dengan bantuan SPSS 16.00 for windows yang digunakan untuk menghitung uji normalitas uji homogenitas uji hipotesis dengan independents sample t-test dan uji ANOVA (uji-F). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir analitis peserta didik. Selain itu juga didapatkan bahwa nilai rata-rata per-sub kemampuan berpikir analitis paling tinggi yaitu pada indikator megunakan data yang mendukung untuk menjelaskan mengapa yang digunakan dalam jawaban benar. Nilai rata-rata per sub indikator paling rendah yaitu pada memberikan kesimpulan secara umum berdasarkan informasi atau data. Pada uji hipotesis uji-T dengan nilai sig (2-tailed) diperoleh hasil 0.008 yang lebih kecil dari 0.05 dan uji-F dengan nilai sig (2-tailed) diperoleh hasil 0.00. nilai tersebut membuktikan bahwa model pembelajaran Inkuir terbimbing berpengaruh terhadap kemampuan berpikir analitis peserta didik kelas X SMAN 01 Sutojayan ditinjau dari minat belajar pada mata pelajaran geografi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/89929

Actions (login required)

View Item View Item